Friday, 14 June 2024
HomeHiburanArtis-Artis Ini Cucu & Cicit Pahlawan Kemerdekaan, Ada Dian Sastro hingga Celine...

Artis-Artis Ini Cucu & Cicit Pahlawan Kemerdekaan, Ada Dian Sastro hingga Celine Evangelista

Bogordaily.net – Siapa sangka para ini adalah cucu  pahlawan kemerdekaan Indonesia. Nenek moyangnya ada pejuang kemerdekaan saat zaman kemerdekaan dahulu.

Setidaknya ada sembilan yang diketahui cucu dan cicit pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia. Siapa saja mereka?

Berikut profil dan jejak mereka di dunia entertainment:

1. Wardoyo

Sudah bukan rahasia jika Dian Sastrowardoyo adalah berprestasi. Latar belakang keluarganya juga tak sembarangan. Sebab kelahiran 16 Maret 1982 ini merupakan cucu dari Prof Mr Sunario Sastrowardoyo. Kakek Dian Sastrowardoyo adalah sosok penting dibalik Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II.

2. Maia Estianty

Ibu dari AL, El, dan Dul, Maia Estianty adalah cicit Raden Hadjie Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto. Harjono Sigit, ayah dari Maia merupakan dari sang guru bangsa yang juga merupakan mantan mertua dari Ir Soekarno. Jasa yang sudah diberikan oleh Tjokroaminoto begitu besar sampai namanya banyak dijadikan sebagai nama jalan di beberapa kota di Tanah Air.

3. Ashanty

Istri Anang Hermansyah, Ashanty merupakan cucu dari Prof DR KH Abdullah Siddik SH yang merupakan sosok dihormati oleh masyarakat Bengkulu. Pada Maret 2012, nama KH Abdullah Siddik diusulkan untuk menjadi Pahlawan Nasional oleh warga Bengkulu Utara. Beliau adalah rekan sejawat dari Agus Salim yang sama-sama aktif dalam organisasi Jong Islamieten Bond.

4. Karina Salim

Memiliki nama lengkap Karina Ekaputri Salim, ia adalah cicit dari H. Agus Salim. Kakek buyut Karina Salim pasti tak asing karena beliau adalah salah satu anggota dari panitia 9. Setelah merdeka, Agus Salim menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Namanya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 27 Desember 1961 silam.

5

Mungkin banyak yang belum tahu kalau adalah cicit dari Haji Fadeli Luran. Kakek buyut Celine merupakan tokoh yang menyatukan umat Islam di Sulawesi Selatan.

Walau berbeda keyakinan dengan sang kakek buyut, tapi darah pahlawan mengalir dalam diri Celine. Ia sempat berziarah ke makam kakek buyutnya pada 2019 silam.

6. Dewi Yull

senior Dewi Yull adalah cicit dari RM Tirto Adhi Soerjo yang merupakan tokoh kebangkitan nasional. RM Tirto Adhi Soerjo juga pendiri dari surat kabar nasional pertama Indonesia yaitu Media Prijaji yang pekerjanya adalah orang pribumi. Sosoknya dinobatkan sebagai Bapak Pers Nasional pada 1973 dan mendapat gelar sebagai pahlawan nasional pada 3 November 2006.

7. Nia Dinata

Otto Iskandardinata adalah kakek dari Nia Dinata yang berkiprah sebagai sutradara. Pahlawan Nasional berjuluk Si Jalak Harupat ini aktif di beberapa organisasi termasuk Budi Utomo, Dewan Rakyat atau Volksraad, juga Paguyuban Pasundan. Kakek Nia Dinata pun pernah memimpin surat kabar Tjahaja. Pada 6 November 1973, Otto Iskandardinata resmi bergelar pahlawan nasional.

8. Asri Welas

Sudah tahu belum belum kalau Asri Welas adalah keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro? Hal ini diketahui dari adanya pohon jalar di dalam rumah sang nenek. Pohon Jalar sendiri dikenal sebagai tanda dari keturunan Pangeran Diponegoro yang merupakan pahlawan asal Yogyakarta. Dulu pohon Jalar ditanam untuk mengelabui penjajah.

9. Setiawan Djodi

Bagi yang menyukai pelajaran sejarah pasti tahu STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen Jakarta). Nah sosok Dr. Wahidin Sudirohusodo adalah pencetus lahirnya organisasi pelajar dari STOVIA. Beliau pun merupakan salah satu penggagas lahirnya Budi Utomo. Ternyata beliau adalah kakek dari seniman Setiawan Djodi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here