Monday, 6 May 2024
HomeBeritaBadan Geologi di AS Prediksi Gunung Api Bawah Laut di Samudra Pasifik...

Badan Geologi di AS Prediksi Gunung Api Bawah Laut di Samudra Pasifik Bakal Meletus

Bogordaily.net– Sebuah yang terletak jauh di bawah diprediksi akan meletus. Hal itu diungkap Badan geologi di Amerika Serikat.

Namun, peneliti disebut tidak mengetahui pasti kapan atau bagaimana gunung api di bawah laut bawah akan meletus karena lokasinya yang begitu sulit diakses.

Seperti dilansir Suara.com dari ABC News, Survei Geologi AS (USGS) menyebut bahwa indikasi yang ada menunjukkan erupsi di Gunung Laut Ahyi di Kepulauan Mariana Utara telah dimulai dari pertengahan bulan Oktober. Daerah Mariana Utara sendiri berjarak sekitar 3.800 mil (6.115 kilometer) di sebelah barat Honolulu.

Ahli geofisika USGS, Matt Haney mengatakan para ilmuwan masih meneliti untuk melihat apakah aktivitas tersebut adalah gempa bumi dangkal atau jika terdapat material yang keluar dari kawah. Para ilmuwan memeriksa data satelit untuk melihat apakah ada air yang berubah warna, yang dapat menunjukkan adanya material yang keluar dari .

“Saat ini belum ada hal yang menunjukkan bahwa erupsi ini akan semakin intensif dan menjadi besar,” kata Haney.

Namun, pelaut disarankan menghindari wilayah di sekitar lokasi gunung. Bulan lalu, sensor hidroakustik menangkap aktivitas dari sumber vulkanik bawah laut sekitar 1.400 mil (2.250 kilometer) di Pulau Wake.

Dalam pernyataannya, USGS mengatakan bahwa dengan bantuan Laboratoire de Geophysique di Tahiti dan data dari stasiun seismik di Guam dan Jepang, para ilmuwan menganalisis sinyal untuk menentukan sumber aktivitas itu yang kemungkinan besar berasal dari Gunung Laut Ahyi. USGS juga mengatakan aktivitas bawah laut telah menurun dalam beberapa hari terakhir.

Gunung bawah laut Ahyi adalah bawah laut berbentuk kerucut besar. Titik tertingginya adalah 259 kaki (79 meter) di bawah permukaan laut. Gunung itu terletak sekitar 11 mil (18 kilometer) tenggara Pulau Farallon de Pajaros.

“Tidak ada stasiun pemantauan lokal di dekat Gunung Laut Ahyi, yang membatasi kemampuan kami untuk mendeteksi dan mengkarakterisasi kegiatan vulkanik di sana,” kata USGS.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here