Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBisa Sembuhkan Sariawan, Coba 5 Bahan Alami ini

Bisa Sembuhkan Sariawan, Coba 5 Bahan Alami ini

Bogordaily.net–  atau stomatitis aphtosa bisa disebabkan karena banyak hal. Mulai dari salah gigit dan terluka ketika menyikat gigi, bisa juga karena virus, stres, hormon, merokok, kurang nutrisi, dan faktor keturunan. Umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, selama pemulihan orang yang mengalami kesulitan berbicara, minum, dan mengunyah. Dikutip YourSay.id dari laman Aladokter berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk obat .

Madu

Madu mengandung antibakteri dan antiradang dan zat yang dapat meredakan nyeri dan kemerahan karena . Dengan demikian madu cocok menjadi salah satu obat . Hendaknya menggunakan madu asli tanpa tambahan gula atau perisa. Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Oleskan madu di lokasi sebanyak empat kali sehari. Hal ini dilakukan sampai benar-benar sembuh dari .

Teh chamomile

Teh ini dikenal berasal dari Jerman dan memiliki zat antiradang dan antiseptik pereda . Ada dua cara untuk mengaplikasiannya yakni dengan menyeduh teh, selanjutnya kantung tehnya ditempelkan di lokasi . Kedua, teh yang sudah diseduh bisa diminum atau dibuat berkumur.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai antimikroba dan antiradang serta bisa dijadikan obat sariawan. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan minyak ke area yang sariawan.

Bubuk tawas

Tawas bisa digunakan sebagai obat saat sariawan karena mampu mempercepat kesembuhan dan membuat sariawan tidak melebar.  Cara memakainya dengan mencampur bubuk tawas dengan beberapa tetes air hingga membentuk pasta. Baru setelahnya oleskan pada bagian yang sariawan. Tunggu selama semenit, lalu bilas sampai bersih.  Cara ini terus dilakukan sampai sembuh dari sariawan. Perlu dicatat tidak diperkenankan menjilat atau menelan pasta tawas.

Daun sage

Daun sage mengandung antiseptik, antiradang, dan antibakteri yang bermanfaat dalam menyembuhkan sariawan. Pengaplikasiannya dengan cara merebus daun sage selama lima menit. Lalu saring dan ambil air rebusan untuk berkumur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here