Bogor Senior Hospital Ajak Lansia Hadapi Hidup dengan Bahagia

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M 6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Kesehatan · 24 Nov 2022 12:26 WIB

Bogor Senior Hospital Ajak Lansia Hadapi Hidup dengan Bahagia


 Kegiatan Webinar Bogor Senior Hospital bertajuk 'Hadapi dan Jalani Masa Lansia Dengan Bahagia', Kamis, 24 November 2022. (Mutia/Bogordaily.net) Perbesar

Kegiatan Webinar Bogor Senior Hospital bertajuk 'Hadapi dan Jalani Masa Lansia Dengan Bahagia', Kamis, 24 November 2022. (Mutia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Bogor Senior Hospital (BSH) mengadakan kegiatan webinar bertajuk ‘Hadapi dan Jalani Masa Lansia dengan Bahagia’ yang diikuti oleh puluhan lansia melalui platform zoom meeting, pada Kamis, 24 November 2022.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional. Dalam webinarnya, Bogor Senior Hospital menampilkan para pembicara yang komunikatif dan informatif. Kegiatan tersebut pun dibagi menjadi dua sesi.

Di sesi pertama, acara webinar tersebut dibuka oleh narasumber pertama yakni dr. Pauline Suwandhi, Sp. PD. Dirinya menjelaskan mengenai skrining untuk menghindari cacat di usia tua (lansia).

“Skrining untuk menghindari cacat lansia sangat diperlukan,” ungkap dr. Pauline Suwandhi saat memberikan penjelasan dalam webinar.

Ia mengatakan, rekomendasi upaya pencegahan yakni mengkonsumsi makanan yang sehat, aktivitas fisik, melakukan kebiasaan hidup sehat dengan cara deteksi dini, vaksinasi dan memperbaiki gaya hidup.

Lanjut, katanya khusus lansia bisa utamakan osteoporosis, penglihatan, pendengaran, fungsi berpikir, langkah dan keseimbangan, depresi serta advance directives.

Selanjutnya, kegiatan pun masih berlangsung dengan pembicara Dr. David Widjaja MD. Ia memaparkan bahwa kanker usus besar bisa dicegah. Kata David, skrining tes terbukti dapat menurunkan kematian.

“Skrining tes umumnya dimulai dari umur 45 tahun yang meliputi pemeriksaan feses, CT scan dan kolonoskopi,” ujar Dr. David Widjaja ketika memaparkan materi dalam zoom meeting.

Sesi pertama masih berlanjut dengan narasumber yang berbeda. Pada kesempatannya, Bogor Senior Hospital menghadirkan seorang psikologi Agnes Irawati, MA, P.Si, CHT, CGI, CET sebagai pembicara ketiga yang menjelaskan mengenai cara mengatasi kecemasan pada lansia.

Sebelum memberikan materi, pihaknya melakukan relaksasi terlebih dahulu kepada para peserta agar materi yang disampaikan nampak santai dan ringan.

Kemudian, para peserta diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada para narasumber dalam acara webinar tersebut.

Setelah sesi tanya jawab, sesi kedua pun dimulai dengan pemberian materi dari spesialis penyakit dalam Prof. Dr. Suwandhi Widjaja, Sp.PD, Ph. D, FiNASIM. Lalu, dilanjutkan dengan pemaparan dari dr. Andre Tanuwijaya, Sp. KFR selalu spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

3 Jenis Rempah Bisa Kurangi Resiko Penggumpalan Darah

4 Desember 2022 - 21:35 WIB

Penggumpalan Darah

Dampak Buruk Kurang Tidur, Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata

4 Desember 2022 - 15:22 WIB

Kesehatan mata

Punya Gangguan Bicara Atau Artikulasi? Terapi Wicara RS BSH Solusinya!

4 Desember 2022 - 08:37 WIB

Punya Gangguan Bicara Atau Artikulasi? Terapi Wicara RS BSH Solusinya!

Aa Dokter Raendi Kembali Edukasi Masyarakat soal Pentingnya Kesehatan Kulit

3 Desember 2022 - 20:22 WIB

Sering Ngilu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif

3 Desember 2022 - 12:06 WIB

cara mengatasi gigi sensitif

Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Pijat pada Bayi

2 Desember 2022 - 21:16 WIB

Manfaat Pijat Bayi
Trending di Kesehatan