Saturday, 27 April 2024
HomeTravellingCandi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute

Candi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute

Bogordaily.net, Jawa Barat memiliki destinasi . Salah satunya . Konon bangunan ini merupakan peninggalan Kerajaan Hindu-Budha dan menjadi candi tertua di Jawa Barat.

Dari catatan sejarah, ditemukan pada 1984. Selain , ada beberapa situs-situs lain yang terserap di Komplek Percandian Batujaya. Hingga kini, penelitian terhadap situs tersebut masih terus dilakukan. Sebab diyakini masih ada sisa-sisa peninggalan bersejarah yang terkubur di sekitar kawasan .

Dilansir Dishub.karawangkab.go.id, secara administratif terletak di dua wilayah desa yakni Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten , Jawa Barat. Luas situs Batujaya diperkirakan sekitar lima kilometer persegi dan berada di tengah-tengah daerah pesawahan. Sebagian lagi lokasinya dekat pemukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat atau pantai ujung .

Lokasi Batujaya kurang lebih terletak enam kilometer dari pesisir utara dan sekitar 500 meter di sebelah utara Sungai Citarum. Keberadaan sungai ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan situs sekarang karena tanah di daerah ini tidak pernah kering sepanjang tahun, baik pada musim kemarau atau pun pada musim hujan.

Jika ditempuh menggunakan kendaraan dan datang dari Jakarta, lokasi candi dapat dicapai dengan mengambil jalan tol Cikampek. Keluar di gerbang tol Barat dan mengambil jurusan Rengasdengklok.  Selanjutnya mengambil jalan ke arah Batujaya di suatu perempatan.

dikenal sebagai Unur Jiwa dan terletak di tengah areal persawahan berupa gundukan tanah yang berbentuk oval setinggi empat meter dari permukaan tanah. Bangunan yang berukuran 19 x 19 meter dengan tinggi 4,7 meter ini tidak mempunyai tangga masuk dan di bagian permukaan atas terdapat susunan bata yang melingkar dengan garis tengah sekitar enam meter yang diduga merupakan susunan dari bentuk stupa.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here