Candi Jiwa Karawang: Lokasi dan Rute

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa, BMKG: Terjadi di Kepulauan Talaud Sulut dan China Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 30 Januari 2023 Jadwal Layanan SIM Keliling di Kota Bogor, Senin 30 Januari 2023 Prakiraan Cuaca Kota Bogor Hari Ini Senin, 30 Januari 2023 Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023

Wisata · 30 Nov 2022 12:33 WIB

Candi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute


 Candi Jiwa di Karawang, Jawa Barat. (Foto: Dishub.karawangkab.go.id) Perbesar

Candi Jiwa di Karawang, Jawa Barat. (Foto: Dishub.karawangkab.go.id)

IIMS

Bogordaily.net– Karawang, Jawa Barat memiliki destinasi wisata sejarah. Salah satunya Candi Jiwa. Konon bangunan ini merupakan peninggalan Kerajaan Hindu-Budha dan menjadi candi tertua di Jawa Barat.

Dari catatan sejarah, Candi Jiwa ditemukan pada 1984. Selain Candi Jiwa, ada beberapa situs-situs lain yang terserap di Komplek Percandian Batujaya. Hingga kini, penelitian terhadap situs tersebut masih terus dilakukan. Sebab diyakini masih ada sisa-sisa peninggalan bersejarah yang terkubur di sekitar kawasan Candi Jiwa.

Dilansir Dishub.karawangkab.go.id, secara administratif terletak di dua wilayah desa yakni Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya diperkirakan sekitar lima kilometer persegi dan berada di tengah-tengah daerah pesawahan. Sebagian lagi lokasinya dekat pemukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat atau pantai ujung Karawang.

Lokasi Batujaya kurang lebih terletak enam kilometer dari pesisir utara dan sekitar 500 meter di sebelah utara Sungai Citarum. Keberadaan sungai ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan situs sekarang karena tanah di daerah ini tidak pernah kering sepanjang tahun, baik pada musim kemarau atau pun pada musim hujan.

Jika ditempuh menggunakan kendaraan dan datang dari Jakarta, lokasi candi dapat dicapai dengan mengambil jalan tol Cikampek. Keluar di gerbang tol Karawang Barat dan mengambil jurusan Rengasdengklok.  Selanjutnya mengambil jalan ke arah Batujaya di suatu perempatan.

Candi Jiwa dikenal sebagai Unur Jiwa dan terletak di tengah areal persawahan berupa gundukan tanah yang berbentuk oval setinggi empat meter dari permukaan tanah. Bangunan yang berukuran 19 x 19 meter dengan tinggi 4,7 meter ini tidak mempunyai tangga masuk dan di bagian permukaan atas terdapat susunan bata yang melingkar dengan garis tengah sekitar enam meter yang diduga merupakan susunan dari bentuk stupa.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Camping Ground Pasir Luhur: Harga Tiket dan Lokasi

30 January 2023 - 08:35 WIB

Camping ground Pasir Luhur

Curug Cipeuteuy Bogor, Tempat Asyik Habiskan Akhir Pekan

29 January 2023 - 17:48 WIB

Curug Cipeuteuy bOGOR

Curug Tebing, Air Terjun Tersembunyi di Hutan Pamijahan

29 January 2023 - 12:16 WIB

Curug Tebing di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Camping Ground Pasir Luhur Pamijahan, Wisata Kemah Eksotis Dikelilingi Pohon Pinus

29 January 2023 - 11:42 WIB

Camping ground Bumi Perkemahan Pasir Luhur

Situs Cibalay, Salah Satu Wisata Geopark dan Sejarah di Kabupaten Bogor

28 January 2023 - 22:04 WIB

Situs Cibalay

Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894

26 January 2023 - 08:59 WIB

Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894
Trending di Wisata