Tuesday, 23 April 2024
HomeHiburanCara Memakai Softlens yang Benar agar Tidak Perih dan Iritasi

Cara Memakai Softlens yang Benar agar Tidak Perih dan Iritasi

Bogordaily.net – Penggunaan perlu diperhatikan. Sebab jika sembarangan bisa mengakibatkan mata iritasi hingga kebutaan. Maka dari itu, penting mengetahui cara agar tidak perih hingga iritasi.

Lensa kontak atau adalah pilihan alternatif bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, tetapi enggan menggunakan kacamata.

Tak hanya itu, penggunaan juga dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik.

Kendati demikian, cara yang tepat agar tidak perih hingga iritasi sangatlah penting. Terutama bagi pengguna lensa kontak pemula.

Berikut adalah cara yang tepat agar tidak perih hingga iritasi.

1. Mencuci tangan

Cuci tanganlah sampai bersih sebelum memegang lensa kontak. Gunakan sabun non-kosmetik karena parfum, minyak, atau lotion dapat tertinggal di tangan Anda lalu menyebabkan iritasi pada mata.

2. Ambil lensa perlahan

Kocok tempat penyimpanan lensa kontak secara perlahan. Ambil lensa dengan hati-hati menggunakan ujung jari.

3. Bilas lensa

Bilas lensa kontak menggunakan cairan khusus pembersih agar lebih aman. Hindari membilas lensa Anda dengan air keran.

4. Periksa keadaan lensa

Letakkan lensa di ujung jari telunjuk atau jari tengah Anda. Perhatikan dengan seksama apakah ada sobekan atau softlens terbalik. Jika lensa melengkung menyerupai mangkuk, posisi lensa sudah benar.

5. Mulai pasang

Tekan kelopak mata bagian atas dan bawah menggunakan jari. Tekan ke atas dan bawah sembari melihat ke cermin. Sebaiknya, gunakan jari tangan yang tidak Anda pakai untuk menyentuh softlens. Selanjutnya, pasang softlens di permukaan bola mata Anda. Anda bisa melihat lurus ke depan atau ke atas saat memasang lensa.

6. Tutup mata perlahan

Dengan posisi mata tertutup, putar bola mata Anda untuk memastikan lensa terpasang dengan sempurna. Selanjutnya, berkediplah dengan perlahan berkali-kali. Lihat lagi ke cermin untuk mengecek apakah lensa sudah terpasang di tengah-tengah bola mata Anda.(*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here