Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorCatat! Ini Langkah dan Syarat Bikin KTP Digital

Catat! Ini Langkah dan Syarat Bikin KTP Digital

Bogordaily.net – Kabar gembira bagi warga Kota dan Kabupaten Bogor, Kemendagri sudah mulai gencar mensosialisasikan terkait untuk mengantisipasi hilangnya dokumen penting. Berikut dan bikin .

Tahun ini, akan diuji coba di 50 Kabupaten dan Kota. Dalam pembuatan , ada persyaratan yang harus dipenuhi. ini sebagai penunjang masyarakat dalam membuat .

Berikut yang harus dilakukan dan disiapkan:

1. Install aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Playstore atau scan barcode di lokasi Disdukcapil atau kantor Kecamatan terdekat.

2. Isi data NIK, e-mail aktif dan nomor Handphone, kemudian lakukan swapoto (selfie).

3. Scan QR Code ke petugas Disdukcapil.

4. Buka e-mail yang telah terdaftar dan klik link aktivasi yang ada pada e-mail.

5. Masukan kode aktivasi registrasi dan Chaptcha.

6. Login menggunakan kode aktivasi.

7. Selesai.

Seperti diketahui, dalam unggahan video Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah, pembuatan KTP digital harus mempunyai handphone. Daerah yang bersangkutan juga harus memiliki jaringan internet dan masyarakatnya melek teknologi.

Lantas, bagaimana dengan warga yang tidak mempunyai handphone? Apakah mereka tidak bisa membuat KTP digital? Zudan menuturkan, mereka masih bisa dilayani. Nantinya, e-KTP mereka bakal dicetak secara fisik.

“Untuk itu, Dukcapil tetap memberikan pelayanan pembuatan identitas digital ini secara bertahap. Yang belum punya handphone, belum ada jaringan, tetap kita layani dengan bentuk fisik dan pelayanan manual seperti sekarang ini,” kata Zudan dalam video yang diunggah di YouTube pribadinya, beberapa bulan lalu.

Sosialisasi untuk KTP digital ini, pihak Dukcapil baru mensosialisasikannya kepada pihak OPD, ASN dan perangkat kecamatan terlebih dahulu. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here