Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorCegah Longsor Susulan, Pohon di Tanjakan Empang Ditebang

Cegah Longsor Susulan, Pohon di Tanjakan Empang Ditebang

Bogordaily.net–  Pohon di tanjakan Empang atau di depan SDN Empang dan Mall BTM, ditebang, Kamis, 3 November 2022. Hal tersebut dilakukan mengantisipasi longsor susulan di Empang beberapa waktu lalu.

dilakukan oleh sejumlah pihak terkait di antaranya Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat, Dinas Perumkim , Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan , serta Kelurahan Gudang.

Lurah Gudang Liya Yulianti mengatakan, pemangkasan pohon dilakukan sebab khawatir pohon kembali tumbang dan longsor susulan terjadi di samping SDN Empang. Sejumlah pihak pun terlibat dalam tersebut.

Untuk penanganan longsor kata Liya, kini masih tahap pembongkaran bangunan di atas longsoran seluas 500 meter persegi yang diperkirakan selesai satu sampai dua minggu ke depan.

Selanjutnya karena lokasi tersebut berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kata Liya, maka pembangunan turap atau penahan tanah akan dilaksanakan oleh Dinas PUPR Provinsi.

Sebelumnya diberitakan pohon tumbang dan tanah longsor terjadi di wilayah Kelurahan Gudang tepatnya di depan Mall BTM atau SDN Empang, Kecamatan Bogor Tengah, hingga menutupi jalan raya tanjakan Empang. Peristiwa ini terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada Rabu, 12 Oktober 2022 lalu.

Pohon tumbang melintang di tengah jalan dekat Mall BTM sempat membuat laju kendaraan tersendat. Tim penyelamat Pemadam Kebakaran (Damkar) melakukan evakuasi pohon yang berukuran cukup besar.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja lalulintas tersendat dan untuk warga yang melintas diharap waspada takutnya terjadi longsor susulan karena terlihat kondisi bangunan di atas masih menggantung,” ujar Dudy selaku Danru Damkar . (Hadi Mulya Kurniawan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here