Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorCuaca Ekstrem, Banjir Rendam Pemukiman Warga Akibat Meluapnya Kali Cibalok

Cuaca Ekstrem, Banjir Rendam Pemukiman Warga Akibat Meluapnya Kali Cibalok

Bogordaily.net – Cuaca Extreme disertai hujan lebat yang melanda Kota Bogor di hari Sabtu, 5 November 2022, mengakibatkan meluapnya sungai Cibalok sehingga membanjiri Sukajadi dan kampung Cincau Kota Bogor.

Banjir menggenangi dengan ketinggian setengah badan orang dewasa. Terlihat antusias bahu membahu mengevakuasi barang milik mereka di dalam rumah yang masih bisa di selamatkan.

Salah satu bernama Heri mengatakan, “Saya tidak sempat mengetahui datangnya banjir yang meluap dari kali cibalok, air datang sangat cepat dan saya langsung membantu tetangga yang rumahnya sudah terendam banjir,”tuturnya.

Sekitar 7 rumah di wilayah kampung Cincau terendam banjir termasuk pekarangan masjid Jami Aola, di saat banjir datang kondisi cuaca masih dalam keadaan hujan.

Dalam peristiwa ini, tidak ada korban serta kerugian belum bisa di taksir, sampai berita ini di muat kondisi masih dalam keadaan siaga, guna mengantisipasi hujan susulan takutnya banjir kembali meluap kembali.

Salah satu Sukajadi, Wahyu seorang pemilik rumah yang terendam juga menjelaskan, “sebelumnya 2 bulan lalu sudah terjadi hal serupa, tapi tidak sebesar ini dan tidak terlalu merendam sampai setinggi ini, saya juga kaget banjir ini sangat besar dan merendam rumah hingga setinggi pinggang orang dewasa,”kata dia.

Sebelumnya cuaca extreme hujan deras disertai angin mengguyur Kota Bogor sekitar pukul 14:00 WIB, sehingga kemungkinan besar menimbulkan volume air kali Cibalok meluap sampai merendam di kampung Cincau dan sukajadi, lantaran kali Cibalok membelah wilayah kelurahan gudang dan kelurahan bondongan.

(Hadi Mulya Kurniawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here