Saturday, 11 May 2024
HomeKabupaten BogorDampak Gempa Cianjur, Begini Kondisi Rumah Ambruk di Cisarua

Dampak Gempa Cianjur, Begini Kondisi Rumah Ambruk di Cisarua

Bogordaily.net–  Gempa bermagnitudo 5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur,  Senin 21 November 2022 lalu berdampak pada kerusakan sejumlah bangunan di . Salah satunya di Kecamatan .

Terdapat 14 titik yang terdampak di wilayah Kecamatan , , dengan rincian lima titik di Desa Cibeureum, empat titik di Desa Tugu Utara, dua titik Desa Citeko dan tiga titik Desa Tugu Selatan.

Pantauan Bogordaily.net, di salah satu rumah rusak di wilayah Desa Cibeureum, terlihat warga Kecamatan Cisarua tengah bergotong-royong membantu membersihkan bangunan rumah yang hancur lebur terdampak pada Selasa 22 November 2022.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cisarua Syaeful Rizal mengungkapkan, saat ini pihaknya telah melakukan penangan terhadap satu unit rumah yang rusak akibat gempa.

Kondisi rumah ambruk akibat terdampak gempa yang berpusat di Cianjur. (Albin/Bogordaily.net)

“Kami telah melakukan penanganan dan mitigasi juga sudah membersihkan puing-puing dan saat ini masih berjalan yang diikuti beberapa unsur dari Tagana, BPBD, dan juga Karang Taruna,” kata Syaeful kepada Bogordaily.net, Selasa 22 November 2022.

Sementara itu pemilik rumah, Nana mengaku kaget ketika rumahnya sudah hancur akibat gempa di Cianjur.

“Pas kejadian saya kaget tiba-tiba banyak warga yang udah keluar rumah, nggak lama rumah saya hancur semua, barang-barang juga semua hancur, alhamdulillah ngga ada korban,” ujar Nana.

Sebelumnya Kabid Kedaruratan, Aris Nurjatmiko menerangkan bahwa, gempa bumi di wilayah daratan, juga berasa hingga ke beberapa kecamatan di . Termasuk Kantor BPBD .

“Bencana gempa bumi dengan durasi lima hingga 10 detik, juga dirasakan masyarakat . Sedikitnya, tujuh unit rumah rusak di Kecamatan Megamendung dan Cisarua yang memang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur,” kata Aris.

Ia menjelaskan, warga Kecamatan Megamendung maupun Cisarua yang rumahnya mengalami rusak ringan, langsung di data oleh TRC BPBD .

“TRC BPBD akan mendata, sejauh mana dampak dari bencana alam gempa bumi terhadap rumah mereka. Kebutuhan logistik tentunya akan disiapkan, baik oleh BPBD maupun Dinas Sosial,” jelasnya. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here