Thursday, 18 April 2024
HomeNasionalDampak Gempa Cianjur, BMKG Minta Masyarakat Waspada Longsor

Dampak Gempa Cianjur, BMKG Minta Masyarakat Waspada Longsor

Bogordaily.net di Cianjur, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta kepada masyarakat terdampak masyarakat magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mewaspadai potensi bencana lanjutan seperti longsor hingga banjir bandang. Hal ini ditegaskan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

“Perlu diingatkan kepada masyarakat mengingat saat ini intensitas hujan meningkat, jadi perlu juga diwaspadai adanya kolateral hazard atau bahaya ikutan,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dikutip ANTARA, Senin, 21 November 2022.

Terutama kata Dwikorita, potensi longsor atau banjir bandang ini diakibatkan banyaknya lereng-lereng yang rapuh dan retak. Sehingga, dikhawatirkan ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi akan tersapu oleh air hujan sehingga berdampak longsor atau banjir bandang.

“Jadi pada lereng-lereng yang sudah rapuh, retak-retak karena diguncang ini apabila hujan turun dikhawatirkan material-material yang terlepas atau yang terguncang ini dapat tersapu oleh air hujan dan dapat memberikan ikutan berupa longsor ataupun banjir bandang,” katanya.

Selain itu dari Cianjur, BMKG mengimbau pula agar masyarakat untuk tidak mendekati lereng maupun bantaran sungai.

Sementara itu, Kepala Pusat Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan wilayah Sukabumi, Cianjur, Lembang, Purwakarta, Bandung secara tektonik merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks

“Disebut seismik aktif karena hasil monitor BMKG di daerah itu sering terjadi dengan berbagai variasi dan kedalaman,” ujarnya.

Terkait kompleksitas, lanjut dia, daerah itu merupakan daerah jalur gempa aktif seperti keberadaan sesar Cimandiri, Padalarang, Lembang, Cirata, dan masih banyak lagi sesar-sesar minor yang berada di wilayah tersebut sehingga menjadikan kawasan tersebut menjadi kawasan gempa secara permanen.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here