Friday, 26 April 2024
HomeBeritaDear Orang Sibuk, Waspada Penyakit Ini Mengintai

Dear Orang Sibuk, Waspada Penyakit Ini Mengintai

Bogordaily.net–  Sibuk dengan pekerjaan tak jarang membuat seseorang lupa menjaga kesehatan tubuh. Misalnya mengabaikan waktu istirahat, pola makan tidak teratur, dan memaksakan diri menuntaskan sisa pekerjaan di mana pun. Waspada, berbagai penyakit mengintai bagi yang terlalu sibuk bekerja dan mengabaikan kesehatan. Dilansir dari laman Hello Sehat, beberapa penyakit bagi yang mungkin terjadi pada orang sibuk bekerja antara lain kecemasan, depresi, nyeri punggung, dan gangguan tidur.

Orang-orang dengan intensitas pekerjaan yang sangat sibuk ini berisiko mengalami keluhan seperti tersebut akibat kebiasaan yang kurang sehat, di antaranya:

Duduk terlalu lama

Pekerjaan yang padat biasanya akan membuat seseorang duduk sepanjang hari di depan komputer. Kebiasaan ini sayangnya dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Kurang aktivitas fisik

Akibat rutinitas yang sibuk, seorang pekerja kerap mengalami kesulitan untuk meluangkan waktu berolahraga. Muncul efek buruk dari kurangnya aktivitas fisik, seperti meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

Mengonsumsi makanan kurang bergizi

Keterbatasan waktu untuk makan di tengah waktu senggang selama jam kantor, membuat para pekerja mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang kurang bergizi lainnya. Hal ini menyebabkan komplikasi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang seperti penambahan berat badan, diabetes, dan masalah jantung.

Jika tidak diatasi, maka kondisi tersebut dapat berpengaruh pada komplikasi kesehatan yang lebih serius, seperti stroke dan penyakit kardiovaskular. Untuk mencegahnya, para pekerja dengan kesibukan yang sangat padat bisa mencoba melakukan agar tetap bugar saat beraktivitas di antaranya melakukan pemanasan sederhana agar otot tubuh tidak tegang, mengelola stres dengan baik misalnya menciptakan waktu tidur yang nyenyak dan melakukan aktivitas yang disukai saat waktu luang.

Kemudian perhatikan postur tubuh saat bekerja yakni sesuaikan ketinggian kursi dan layar komputer agar posisi pinggul sedikit lebih tinggi dari lutut. Selain itu, usahakan juga untuk posisi mata sejajar dengan bagian atas layar komputer dan hindari postur tubuh membungkuk saat bekerja.

Terakhir hangan abaikan waktu makan dan makanan sehat serta teratur sebab dapat berfungsi menjaga kadar gula darah tetap stabil dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Jangan lupa juga konsumsi air putih yang cukup setiap harinya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here