Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaDemo Buruh Pabrik iPhone di China Rusuh, Ini Biang Keroknya

Demo Buruh Pabrik iPhone di China Rusuh, Ini Biang Keroknya

Bogordaily.net– Buruh pabrik melakukan hingga berakhir dengan kerusuhan di China. Pasca tersebut, Pemerintah China melakukan lockdown untuk di Zhengzhou.

Dalam aksi , buruh pabrik memprotes mereka masih harus bekerja di tengah tingginya kasus Covid-19 di pabrik. Buruh juga bekerja bahkan tidak dengan protokol kesehatan yang seharusnya.

Lockdown dilakukan dengan berbagai syarat untuk penduduk kota Zhenghzhou yang hendak keluar kota. Syaratnya untuk ke luar kota harus melakukan test Covid-19. Selain itu juga harus ada izin dari pihak berwenang

“Disarankan untuk tidak meninggalkan rumah mereka kecuali diperlukan,” kata pemerintah kota, dikutip Detik.com dari CNA, Kamis, 24 November 2022.

Lockdown dilakukan selama lima hari sejak Jumat tengah malam ini. Pemerintah juga mewajibkan warga di delapan kabupaten untuk melakukan tes asam nukleat setiap hari selama periode lima hari tersebut.

Sementara itu pabrik yang berada di Zhenghzhou milik raksasa teknologi Taiwan Foxconn. Kerja dari pabrik tersebut diketahui berada di bawah pembatasan Covid-19 selama lebih dari sebulan di tengah meningkatnya kasus Covid-19.

Dalam video yang beredar di media sosial, ratusan buruh turun ke jalan. Beberapa orang dihadang polisi anti huru-hara dan petugas yang mengenakan jubah hazmat.

Pada video lainnya dengan latar belakang malam hari menunjukkan wajah seorang laki-laki berlumur darah.

“Mereka memukuli orang, memukuli orang. Apa mereka punya hati nurani,” kata salah satu orang dalam video itu.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here