Sunday, 28 April 2024
HomeTravellingDesa Wisata Tugu Utara Raih Juara 1 Kategori Maju Festival Wisata Desa

Desa Wisata Tugu Utara Raih Juara 1 Kategori Maju Festival Wisata Desa

Bogordaily.net–  Desa Wisata Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, meraih juara 1 kategori maju dan meraih total hadiah sebesar Rp150 juta dalam ajang Festival Wisata Desa tahun 2022.

Dari lima finalis desa wisata dalam kategori maju tersebut, Desa Wisata Tugu Utara dinobatkan menjadi pemenang juara pertama dari hasil penjurian.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan hadiah dalam tiga kategori  sesuai penjurian untuk mendorong dan menggali potensi untuk mengembangkan perekonomian lokal.

Ketua Desa Wisata Tugu Utara, Renol Hamzah mengungkapkan bahwa pencapaian tersebut adalah hasil sinergitas seluruh masyarakat dengan pemerintah desa setempat.

“Kalau saya bilang juara satu ini bonus, bukan akhir dari segalanya tetapi ini adalah awal,” ujar Renol Hamzah usai kegiatan Festival Wisata Desa di Auditorium Sekda , Kamis, 24 November 2022.

Salah satu wisata terbaik yang menjadi andalan untuk dilombakan pada Anugerah Wisata Desa tahun 2022 ini kata Renol adalah Telaga Saat. Selain itu, ia menyebut terdapat Gunung Luhur dan Gunung Kencana yang juga merupakan satu kawasan.

“Leadernya adalah Desa Wisata Tugu Utara. Pengelolaannya dari masyarakat semua dan pemberdayaan alhamdulilah kita jalankan,” ucap Renol.

Telaga Saat kata dia merupakan sebuah rawa yang sempat dikeruk oleh Dinas PUPR. Namun, pengerukan tersebut terbengkalai dan akhirnya masyarakat berinisiatif untuk menjadikannya sebagai potensi wisata di Puncak.

“Jadi tadinya memang telaga tersebut adalah rawa terus ada pengerukan dari PUPR dan tidak dikelola. Kita dideligasikan oleh desa untuk menjadi desa wisata,” ungkap Ketua Desa Wisata Tugu Utara.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Burhanudin meminta agar para pemenang mempertahankan wilayah desa wisatanya.

“Intinya bagaimana potensi yang dimiliki itu dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat setempat,” kata Burhanudin di depan Gedung Sekda . (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here