Desa Wisata Tugu Utara Raih Juara 1 Kategori Maju

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M 6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Wisata · 24 Nov 2022 18:37 WIB

Desa Wisata Tugu Utara Raih Juara 1 Kategori Maju Festival Wisata Desa


 Pemenang Juara 1 Ajang Wisata Desa Tahun 2022 Kategori Maju.(Mutia/Bogordaily.net) Perbesar

Pemenang Juara 1 Ajang Wisata Desa Tahun 2022 Kategori Maju.(Mutia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Desa Wisata Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor meraih juara 1 kategori maju dan meraih total hadiah sebesar Rp150 juta dalam ajang Festival Wisata Desa Kabupaten Bogor tahun 2022.

Dari lima finalis desa wisata dalam kategori maju tersebut, Desa Wisata Tugu Utara dinobatkan menjadi pemenang juara pertama dari hasil penjurian.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan hadiah dalam tiga kategori  sesuai penjurian untuk mendorong dan menggali potensi untuk mengembangkan perekonomian lokal.

Ketua Desa Wisata Tugu Utara, Renol Hamzah mengungkapkan bahwa pencapaian tersebut adalah hasil sinergitas seluruh masyarakat Desa Tugu Utara dengan pemerintah desa setempat.

“Kalau saya bilang juara satu ini bonus, bukan akhir dari segalanya tetapi ini adalah awal,” ujar Renol Hamzah usai kegiatan Festival Wisata Desa di Auditorium Sekda Kabupaten Bogor, Kamis, 24 November 2022.

Salah satu wisata terbaik yang menjadi andalan untuk dilombakan pada Anugerah Wisata Desa tahun 2022 ini kata Renol adalah Telaga Saat. Selain itu, ia menyebut terdapat Gunung Luhur dan Gunung Kencana yang juga merupakan satu kawasan.

“Leadernya adalah Desa Wisata Tugu Utara. Pengelolaannya dari masyarakat semua dan pemberdayaan alhamdulilah kita jalankan,” ucap Renol.

Telaga Saat kata dia merupakan sebuah rawa yang sempat dikeruk oleh Dinas PUPR. Namun, pengerukan tersebut terbengkalai dan akhirnya masyarakat berinisiatif untuk menjadikannya sebagai potensi wisata di Puncak.

“Jadi tadinya memang telaga tersebut adalah rawa terus ada pengerukan dari PUPR dan tidak dikelola. Kita dideligasikan oleh desa untuk menjadi desa wisata,” ungkap Ketua Desa Wisata Tugu Utara.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin meminta agar para pemenang mempertahankan wilayah desa wisatanya.

“Intinya bagaimana potensi yang dimiliki itu dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat setempat,” kata Burhanudin di depan Gedung Sekda Kabupaten Bogor. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Rudy Susmanto Dorong Situ Pemda Jadi Destinasi Wisata

4 Desember 2022 - 17:55 WIB

Situ Pemda

Chillax Resmi Dibuka, Tongkrongan ala Eropa di Selatan Jakarta

1 Desember 2022 - 20:45 WIB

Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina, Ini Sejarah Pura Mangkunegaran

1 Desember 2022 - 11:54 WIB

Candi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute

30 November 2022 - 12:33 WIB

Siap-Siap, Bali Bakal Jadi Wisata Kesehatan

29 November 2022 - 23:02 WIB

Review Wisata Anak Kuntum Farmfield Bogor, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

28 November 2022 - 22:53 WIB

Kuntum Farmfield
Trending di Wisata