Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaDikenal Memiliki Rasa yang Asam, Ini Sederet Manfaat Buah Strawberry

Dikenal Memiliki Rasa yang Asam, Ini Sederet Manfaat Buah Strawberry

Bogordaily.net – Walau memiliki rasa yang asam, dari ternyata tidaklah sedikit. Buah cantik berwarna merah ini juga bebas sodium, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah kalori.

Strawberry merupakan salah satu jenis buah beri yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini berwarna merah terang dan memiliki perpaduan rasa manis dan asam.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah stroberi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis produk makanan, seperti selai, sirop, dan kue.

Strawberry merupakan sumber vitamin C dan mangan yang baik, serta mengandung folat (vitamin B9) dan potasium.

Berikut ini adalah yang perlu Anda ketahui.

1. Menyehatkan saluran cerna

Stroberi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat prebiotik. Kandungan serat ini diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna.

Tak hanya itu, stroberi juga mengandung antosianin, salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Tak hanya menyehatkan saluran pencernaan, kandungan serat di dalam stroberi juga mampu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Hal ini didukung oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi stroberi secara rutin selama 3 minggu mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (HDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh (LDL).

3. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stroberi mampu menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mengontrol kadar gula darah tetap stabil.

Kombinasi ini menjadikan stroberi bermanfaat untuk menjaga jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

4. Menjaga mata

diperkaya kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Itu semua dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah mata kering, degenerasi makula dan katarak.

Selain itu, kandungan kalium dalam strawberry juga dipercaya ampuh mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa konsumsi makanan kaya akan anthocyanin seperti strawberry dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Selain memberikan efek warna, anthocyanin pada juga dapat membantu membuka aliran darah.

Efek ini sangat berpengaruh pada mereka yang berusia 60 tahun ke bawah. Namun demikian, bukan berarti Anda lantas mengabaikan pengobatan dari dokter, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk penanganan tepat.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here