Monday, 29 April 2024
HomeHiburanDikira Makanan Indonesia, Ternyata Aslinya dari Negeri Kincir Angin

Dikira Makanan Indonesia, Ternyata Aslinya dari Negeri Kincir Angin

Bogordaily.net –  Ada sejumlah makanan yang sudah akrab di tanah air, dan diangap sebagai makanan Indonesia. Padahal, aslinya justru dari Belanda. Kamu juga pasti tak menyangka.

Makanan-makanan itu bahkan sudah menjadi santapan sehari-hari. Dan sudah jadi komodiitas bisnis di dunia kuliner nusantara. Meski demikian, makanan Indonesia yang berasal dari Belanda mengalami perubahan hingga berbeda dari aslinya. Seorang pria Indonesia yang tinggal di negeri kincir angin itu pun menunjukkan perbedaan makanan Indonesia tersebut di Belanda.

Perbedaan tersebut lantas ia bagikan melalui akun TikTok @jerhemyowenn_. Ada lima makanan yang Owen tunjukkan dalam video tersebut.

Berikut makanan Indonesia yang aslinya berasal dari Belanda beserta perbedaannya.

1. Perkedel atau frikadel

Frikadel memiliki arti daging cincang. Di Belanda, Frikadel dibuat memadat hingga tampak seperti sosis dan bisa menjadi isian roti. Hal ini cukup berbeda dibanding dengan di Indonesia, di mana perkedel terbuat dan kentang yang dihaluskan dan digoreng.

2. Kue lapis legit atau spekkoek

Sekilas spekkoek dan kue lapis legit memiliki bentuk yang sangat mirip. Satu kue memiliki banyak layer dengan warna berbeda-beda. “Jujur bentuk sama rasanya mirip banget sih sama yang di Indonesia, tapi di sini mahal banget,” ungkap Owen.

3. Kroket atau vleeskroket

Jajanan satu ini rupanya juga sangat mirip dengan di Indonesia. Kroket merupakan kentang yang digoreng dengan tepung renyah. Di Belanda, satu kroket dibanderol dengan harga Rp16 ribu. “Menurut gue kroketnya lebih enak di Indonesia jauh. Di sini cuma asin doang, nggak ada cabai rawitnya lagi,” kata Owen memberi ulasan.

Ia juga mengungkapkan kroket menjadi jajanan yang sangat populer di Belanda hingga dijual di restoran cepat saji.

4. Risoles

Bentuk dan rasa risoles di Belanda sangat mirip dengan di Indonesia. Meski demikian, Owen mengaku lebih suka risoles di Belanda karena isiannya yang lebih banyak.

5. Kastengel

Bentuk kastengel di Indonesia dan Belanda tampak sangat berbeda. Di Indonesia, kue yang selalu hadir setiap lebaran ini memiliki ukuran kecil-kecil dan dikemas dalam toples.

Sedangkan di Belanda, kastangel memiliki ukuran besar. Selain itu, teksturnya juga lebih mirip roti ketimbang kue kering. Meski demikian, keduanya sama-sama menggunakan keju. (suaracom)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here