Tuesday, 7 May 2024
HomeKota BogorDosen STAI Al-Hidayah Bogor Sukses Melaksanakan PKM, Beri 3 Kegiatan Bagi Masyarakat...

Dosen STAI Al-Hidayah Bogor Sukses Melaksanakan PKM, Beri 3 Kegiatan Bagi Masyarakat Menteng

Bogordaily.net – Para dosen STAI Al-Hidayah Bogor sukses melaksanakan (PKM) yang dilaksanakan di Kelurahan , Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, dari 1 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2022.

Diketahui dalam kegiatan PKM ini diikuti oleh 12 Dosen yang mewakili tiap masing-masing Program Studi (Prodi) di STAI Al-Hidayah Bogor.

Kepala LPPM STAI Al-Hidayah Bogor, Aceng Zakaria, MA.Hum, mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) telah berjalan lancar pelaksaanya dari awal hingga akhir kegiatan.

“Dalam pelaksanaan PKM ini bentuk kegiatan pengabdianya ada 12, dan dikemas menjadi 3, yang pertama bidang ke agamaan, yang kedua bidang kesehatan, dan yang ketiga bidang permberdayaan ekonomi,” kata Aceng Zakaria saat dihubungi Bogordaily.net, Minggu, 13 November 2022.

Kemudian kata dia, ada 3 bentuk kegiatan dalam pelaksanaan PKM tahun ini, bidang tersebut diantaranya, bidang keagamaan, bidang ekonomi, dan juga bidang kesehatan.

“Dalam bidang keagamaan ada pelatihan pengurusan jenazah, bidang ekonomi yakni pengelolaan dan manajemen UMKM, dan bidang kesehatan melakukan penyuluhan terhadap buang air besar,” jelasnya.

Selanjutnya kata Aceng, dengan terselenggaranya kegiatan PKM ini harapanya para dosen dapat mengimplementasikan ilmunya sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi.

“Harapannya dengan adanya kegiatan PKM STAI Al-Hidayah ini, para dosen bisa berkiprah sesuai dengan tri darma perguruan tinggi, dan juga bisa berkontribusi atau berpartisipasi bagi pemberdayaan di masyarakat secara luas,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut Lurah
Dr. H. Arief R. Badrudin, M.M mengungkapkan pelaksanaan PKM ini tentunya bermanfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan , karena para Dosen dari STAI Al-Hidayah dapat berinteraksi serta mengimplementasikan ilmunya langsung di masyarakat.

“Pkm ini kan pengabdian kepada masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan hal ini dan pesertanya itu para dosen, para dosen ini melakukan kegiatan langsung kepada masyarakat sesuai dengan bidangnya,” kata Arif kepada, Minggu 13 November 2022.

Selanjutnya kata Arif, ada beberapa program yang menarik menurutnya diantaranya Ngaji Bareng Abang Becak (NGABACA) yang memberikan pemberdayaan bagi para tukang becak, dan juga melakukan berbagai bantuan berupa sembako untuk para warga.

“Ada beberapa program seperti Ngabaca, pelatihan umkm, dan juga roadshow kesehatan, dalam kegiatan ini juga sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan ,” ungkapnya.

Selain itu, kata Arif dari adanya kegiatan pengabdian masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan , tentunya memberikan kesan dan juga pengalaman yang baik dari masyarakat.

“Dari perjalanan PKM STAI Al-Hidayah ini kesanya sangat baik dan masyarakat sangat antusias, harapan dari masyarakat, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dasar agama, ekonomi dan juga kesehatan, dan juga berharap bakal ada kegiatan yang serupa,” tutup Arif.*

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here