Monday, 29 April 2024
HomeKulinerEs Podeng, Jajanan Legendaris yang Masih Eksis di Bogor

Es Podeng, Jajanan Legendaris yang Masih Eksis di Bogor

Bogordaily.net–  Bicara soal kulineran di Kota Bogor memang tidak ada habisnya. Mulai dari jajanan legendaris, hingga kekinian yang selalu ramai pembeli. Salah satu jajanan yang hits dan ramai pembeli sampai saat ini yakni es podeng.

Jajanan legendaris yang masih eksis ini tidak terlalu susah untuk mencari dan membelinya. Banyak para penjual es podeng biasa mangkal atau menjajakan dagangannya di pusat-pusat keramaian di Kota Bogor.

Salah satunya pedagang es podeng yang berjualan di sekitaran Alun-Alun Kota Bogor, Herman Maulana (46). Hampir setiap harinya ia menjajakan dagangannya mulai dari jam 09.00 pagi hingga menjelang malam hari, pembelinya juga dari berbagai kalangan usia.

“Satu cup kecil Rp 5 ribu, terus yang cup gede mah Rp 10 ribu, biasanya mah ramenya jam 11 siang sampe jam tiga sore, pas panas-panasnya cuaca,” kata pedangang es podeng Herman Maulana kepada Bogordaily.net, Minggu 6 November 2022.

Pria asal Pangandaran Jawa Barat tersebut mengatakan, es yang ia jual terbuat dari campuran susu kental manis putih, kemudian santan kelapa dari kemasan, gula pasir, garam, tepung maizena, serta es.

Lalu, dicampur dengan berbagai toping seperti roti yang digunting berbentuk kotak, buah alpukat, ketan hitam, agar-agar warna merah kacang tanah, dan cokelat. Es yang ia jual juga terutama sangat diminati oleh kalangan usia anak-anak hingga remaja.

“Kalau yang belimah banyak anak-anak, udah gitu ada juga yang udah gede lah ya. Kebanyakan yang pada nongkrong di sini (Alun-Alun Kota Bogor) yang pada belinya,” jelas Herman.

Ia menambahkan, es podeng sangat cocok dinikmati saat cuaca panas terik matahari, sebab hal itu bisa menghilangkan dahaga dari para pembelinya.

“Jam 11 siang enak mah makan es podeng mah. Alhamdullilah pendapatan mah ada aja, namanya jualan mah kan ga nentu ya. Sehari kadang puluhan cup terjual,” tutup Herman. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here