FIFA Ancam Cabut Hak Siar Piala Dunia 2022 di Thailand, Karena Hal Ini

hak siar piala dunia
Hak Siar Piala Dunia 2022 Thailand Akan Dicabut FIFA. (suara/Bogordaily.nt)
IIMS

Bogordaily.net – FIFA baru-baru ini mengancam akan mencabut hak siar Piala Dunia 2022 di wilayah Thailand. Hal tersebut lantaras akses transmisi Negara Gajah Putih itu terdeteksi juga digunakan oleh negara lain seperti Laos dan Indonesia.

Ancaman FIFA untuk mencabut hak siar Piala Dunia 2022 di Thailand diisukan karena adanya aduan dari Emtek selaku pemegang hak siar di wilayah Indonesia.

Melansir Suara.com, FIFA mengancam menangguhkan hak siar pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 di Thailand.

FIFA menuntut bahwa negara tersebut harus memenuhi standar enkripsi yang diperlukan, jika tidak maka akan ‘cabut steker’ seluruhnya.

Selain itu, telah dilaporkan bahwa seorang pejabat SAT mengatakan bahwa mereka tidak dapat memenuhi standar karena teknologi transmisi yang tidak canggih yang digunakan oleh penyedia layanan, serta dekoder pelanggan yang dikatakan tidak kompatibel dengan teknologi yang dibutuhkan.

Namun, sebuah pertemuan melihat negara setuju untuk mengusulkan kepada badan sepak bola perubahan kode transmisi dengan harapan mencegah penonton asing mendapatkan akses ke siaran di Thailand.

Seorang pejabat SAT juga menyatakan bahwa penyiar Thailand True Corporation telah memutuskan untuk menyerahkan hak atas 16 dari 32 pertandingan untuk didistribusikan kembali di antara operator TV digital.

Disepakati bahwa semuanya akan diberi hak yang sama untuk menyiarkan masing-masing tiga pertandingan, bukan dua.

Pekan lalu baru diumumkan bahwa liputan televisi kompetisi global tahun ini akan dibawakan oleh 17 penyiar free-to-air di Thailand. Kesepakatan akhir ini dibuat oleh Otoritas Olahraga Thailand.

Sementara itu, di Indonesia sendiri tercatat ada empat stasiun TV yang memiliki hak siar untuk menayangkan pertandingan Piala Dunia. Empat stasiun televisi tersebut antara lain SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV.

Selain Indonesia, salah satu negara pertama yang telah memiliki hal siar Piala Dunia adalah Amerika Serikat melalui siaran saluran televisi FOX-nya. Namun, untuk di Asia Tenggara sendiri tercatat ada tercatat ada enam negara yang telah memiliki lisensi untuk menayangkan pertandingan Piala Dunia, enam negara tersebut antara lain Brunei Darussalam, Malaysia, Filiphina, kamboja, Timor Leste dan termasuk Indonesia.

Piala Dunia memang menjadi ajang yang dinantikan oleh banyak orang khususnya bagi pencinta sepak bola di seluruh dunia. Tak mengheranan memang jika Qatar bahkan sampai membangun akomodasi tambahanan untuk menampung ratusan ribu turis yang akan datang ke sana untuk menyaksikan Piala Dunia.(*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *