Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalGempa Bumi Magnitudo 2,3 Kembali Guncang Cianjur

Gempa Bumi Magnitudo 2,3 Kembali Guncang Cianjur

Bogordaily.net – Cianjur, Jawa Barat, kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 2,3 Senin, 28 November 2022 siang. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini terjadi pukul 12.28 WIB.

Catatan , gempa berlokasi 6.82 Lintang Selatan dan 107.07 Bujur Timur.

“Pusar gempa berada di darat tujuh kilometer Barat Laut Kabupaten Cianjur,” demikian keterangan di akun Twitter resmi, dikutip dari CNN.

Detik-detik gempa ini juga terekam di CCTV di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-khodijiyyah, Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Cilaku.

Di wilayah itu skala guncangan gempa terukur III MMI. Berdasarkan keterangan , skala III MMI artinya getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sebelumnya, kawasan Cianjur diguncang gempa magnitudo 5,6 pada 21 November lalu. Akibat gempa ini sebanyak 323 orang dinyatakan tewas hingga Senin, 28 November 2022.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika () merilis imbauan terbaru ihwal gempa Cianjur yang terjadi beberapa waktu lalu. Imbauan itu disampaikan Biro Hukum dan Organisasi Bagian Hubungan Masyarakat .

“Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan selama 7 hari terakhir menunjukkan bahwa aktivitas gempabumi susulan magnitudonya secara fluktuatif semakin mengecil dan frekuensi kejadiannya semakin jarang,” tulis .

“Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, maka masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur,” tambahnya.

menekankan, kepada warga yang kembali ke rumah diimbau untuk menata perabotan rumahnya sedemikian rupa. Tujuannya agar jalur evakuasi keluar menjadi lapang dan tidak terhalang oleh benda apapun.

juga menganjurkan warga untuk menjauhkan seluruh benda-benda berat yang berada di atas perabotan (lemari, dll), atau benda-benda tergantung yang dapat berpotensi jatuh menimpa penghuninya jika terjadi guncangan.

“Masyarakat diminta tetap tenang dengan terus memonitor perkembangan terkini informasi gempabumi dari aplikasi mobile phone info (di-install dari play store atau app store) atau menghubungi call center 196,” tulis BMKG.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here