Gempa Bumi Magnitudo 2,3 Kembali Guncang Cianjur

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Nasional · 28 Nov 2022 18:46 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 2,3 Kembali Guncang Cianjur


 Gempa bumi terekam CCTV di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-khodijiyyah, Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Cilaku. (@visitcianjur/Bogordaily.net) Perbesar

Gempa bumi terekam CCTV di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-khodijiyyah, Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Cilaku. (@visitcianjur/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net – Cianjur, Jawa Barat, kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 2,3 Senin, 28 November 2022 siang. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini terjadi pukul 12.28 WIB.

Catatan BMKG, gempa berlokasi 6.82 Lintang Selatan dan 107.07 Bujur Timur.

“Pusar gempa berada di darat tujuh kilometer Barat Laut Kabupaten Cianjur,” demikian keterangan BMKG di akun Twitter resmi, dikutip dari CNN.

Detik-detik gempa ini juga terekam di CCTV di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-khodijiyyah, Kampung Kadudampit, Desa Rancagoong, Cilaku.

Di wilayah itu skala guncangan gempa terukur III MMI. Berdasarkan keterangan BMKG, skala III MMI artinya getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sebelumnya, kawasan Cianjur diguncang gempa magnitudo 5,6 pada 21 November lalu. Akibat gempa ini sebanyak 323 orang dinyatakan tewas hingga Senin, 28 November 2022.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis imbauan terbaru ihwal gempa Cianjur yang terjadi beberapa waktu lalu. Imbauan itu disampaikan Biro Hukum dan Organisasi Bagian Hubungan Masyarakat BMKG.

“Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan BMKG selama 7 hari terakhir menunjukkan bahwa aktivitas gempabumi susulan magnitudonya secara fluktuatif semakin mengecil dan frekuensi kejadiannya semakin jarang,” tulis BMKG.

“Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, maka masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur,” tambahnya.

BMKG menekankan, kepada warga yang kembali ke rumah diimbau untuk menata perabotan rumahnya sedemikian rupa. Tujuannya agar jalur evakuasi keluar menjadi lapang dan tidak terhalang oleh benda apapun.

BMKG juga menganjurkan warga untuk menjauhkan seluruh benda-benda berat yang berada di atas perabotan (lemari, dll), atau benda-benda tergantung yang dapat berpotensi jatuh menimpa penghuninya jika terjadi guncangan.

“Masyarakat diminta tetap tenang dengan terus memonitor perkembangan terkini informasi gempabumi dari aplikasi mobile phone info BMKG (di-install dari play store atau app store) atau menghubungi call center 196,” tulis BMKG.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Demo Aremania Rusuh, Massa Rusak Kantor Arema FC

29 January 2023 - 22:14 WIB

Demo Aremania Rusuh

Ini Dia 15 Jurusan di UI yang Sepi Peminat, Bisa Jadi Referensi

29 January 2023 - 21:27 WIB

Jurusan Ui sepi peminat

Informasi Jadwal Kereta Panoramic Bulan Februari 2023, Harga Tiket dan Rutenya

29 January 2023 - 16:00 WIB

Jadwal Kereta Panoramic 2023

Kereta Panoramic Kembali Beroperasi Februari 2023, Ini Tujuan dan Harga Tiketnya

29 January 2023 - 15:45 WIB

Kereta Api Panoramic Beroperasi

Asal Muasal Seruan Pita Hitam untuk Pegawai PT KAI dan Tagar #KAIsedangtidakbaikbaiksaja

28 January 2023 - 20:17 WIB

Asal Muasal Seruan Pita Hitam untuk Pegawai PT KAI dan Tagar #KAIsedangtidakbaikbaiksaja

DPR Desak BPKH Susun Pembiayaan Haji yang Lebih Rasional

28 January 2023 - 19:44 WIB

Pembiayaan Haji
Trending di Nasional