Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaGunung Api Terbesar di Dunia Mauna Loa Meletus

Gunung Api Terbesar di Dunia Mauna Loa Meletus

Bogordaily.net–  Gunung berapi terbesar di dunia, Mauna Loa di negara bagian Hawaii, Amerika Serikat (AS) meletus usai tertidur selama 38 tahun.

Dilansir CNBC Indonesia, Gunung Mauna Loa meletus terakhir pada tahun 1984 dan menjadi periode tenang terpanjang dalam sejarah.

Kawah puncak Mauna Loa berada sekitar 21 mil sebelah barat Kilauea, gunung berapi yang lebih kecil, yang letusannya selama berbulan-bulan pada tahun 2018 memuntahkan lahar ke lingkungan Leilani Estates, menghancurkan lebih dari 700 rumah dan menggusur penduduk.

Letusan berdasarkan observatorium dikutip CNN International terjadi mulai dari Moku’āweoweo, puncak kaldera Mauna Loa, pada Minggu 27 November 2022 sekitar pukul 23.30 waktu setempat.

Lahar kemudian mengalir di satu sisi gunung berapi. Survei Geologi AS menyebut letusan di Taman Nasional Gunung Api Hawaii tidak mengancam masyarakat.

“Semua indikasi adalah bahwa letusan akan tetap berada di Zona Celah Timur Laut. Gas vulkanik dan kemungkinan abu halus dan Rambut Pele (helai kaca lava) dapat terbawa angin,” kata badan tersebut, mengacu pada area gunung berapi terbelah yang memungkinkan aliran lahar.

Layanan Cuaca Nasional di Honolulu melaporkan jejak hingga kurang dari seperempat inci hujan abu dapat menumpuk di beberapa bagian pulau Hawaii.

Laporan lava yang meluap ke bagian barat daya kaldera gunung berapi, atau kawah, telah masuk ke Observatorium Gunung Berapi Hawaii, kata Badan Manajemen Darurat Hawaii pada Senin pagi.

Sementara itu sebagai bentuk pencegahan, dua tempat perlindungan telah dibuka meskipun letusan Mauna Loa tidak mengancam daerah berpenduduk.

Mauna Loa merupakan gunung yang mencakup separuh pulau Hawaii. Gunung ini telah meletus 33 kali sejak 1843. Letusan sejarah yang terdokumentasi dengan baik pertama gunung berapi, menurut Badan Survei Geologi AS (USGS).***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here