Monday, 29 April 2024
HomeNasionalGunung Merapi Keluarkan Guguran Lava Sebanyak 13 Kali dalam Sepekan

Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava Sebanyak 13 Kali dalam Sepekan

Bogordaily.net – Aktivitas vulkanis masih tinggi, sepekan terhitung mulai 18 sampai 24 November 2022, gunung yang berada di perbatasan DIY-Jateng tersebut mengeluarkan guguran sebanyak 13 kali. Kabar tersebut dibagikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ().

“Minggu ini guguran pijar teramati sebanyak 13 kali ke arah barat daya atau hulu Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1.600 meter,” terang Kepala Agus Budi Santoso, dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, dikutip Senin, 28 November 2022.

Menurut Agus Budi, selama pengamatan tersebut suara guguran terdengar tiga kali dari Pos Babadan dengan intensitas sedang.

Berdasarkan analisis morfologi dari Stasiun kamera Deles 5, Tunggularum, Ngepos, dan Babadan 2, tidak teramati adanya pertumbuhan pada kubah di bagian barat daya maupun bagian tengah Merapi.

“Volume kubah barat daya Merapi terhitung tetap sebesar 1.616.500 meter kubik, dan untuk kubah tengah sebesar 2.772.000 meter kubik,” tuturnya.

“Sementara intensitas kegempaan Merapi selama sepekan terakhir, menurut dia, terhitung masih cukup tinggi,” sambungnya.

Deformasi yang dipantau dengan menggunakan EDM dan GPS pada pekan ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Sedangkan, dalam pekan ini terjadi hujan di Pos Pengamatan dengan intensitas curah hujan sebesar 24 mm per jam, selama 100 menit di Pos Kaliurang pada 22 November 2022.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here