Friday, 19 April 2024
HomeNasionalHari Guru Nasional: Sejarah dan Contoh Puisi

Hari Guru Nasional: Sejarah dan Contoh Puisi

Bogordaily.net–  Nasional (HGN) atau HUT PGRI diperingati tanggal 25 November setiap tahunnya. Tahun ini PGRI telah mencapai usia 77 tahun. HUT ke-77 PGRI dan Nasional 2022 (HGN 2022) jatuh pada hari Jumat, 25 November mendatang. Berikut sejarah nasional dan contoh .

Dilansir Suara.com, Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan Nasional pada 25 November. Kebijakan ini adalah hasil dari musyawarah Persatuan Guru Republik Indonesia, yang dahulu bernama Persatuan Guru Hindia Belanda.

Organisasi tersebut dibentuk tahun 1912, dan berubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 1932. Kemudian setelah kemerdekaan, PGRI menggelar kongres pertamanya.

Kongres Guru Indonesia digelar pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Selain mendesak tanggal 25 November ditetapkan sebagai Nasional, dalam pertemuan iut juga disepakati tiga tujuan PGRI, yaitu:

Pertama, adalah mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia. Kedua, mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan. Ketiga, membela hak dan nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.

Selain itu, kita juga bisa memberikan yang bisa dibagikan ke media sosial ataupun dikirim langsung kepada guru kita. Berikut contoh .

Terimakasih Atas Jasamu

Guruku

Kaulah pembimbingku

Kaulah penuntunku

Kaulah pendidikku

Guruku

Itulah ulukan dirimu…

Yang tidak pernah bosan dalam

Mengajari serta membimbingku

Guruku

Tanpa diri mu aku bakal hilang arah

Tanpa diri mu aku bakal sengsara

Tanpa diri mu aku bakal terpenjara

Guruku

Terima kasih Atas segala asa-jasamu

Terima kasih Atas kesabaranmu

 

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here