Thursday, 25 April 2024
HomeHiburanHarus Awet, Nih 3 Tips Merawat Charger agar Tidak Mudah Rusak

Harus Awet, Nih 3 Tips Merawat Charger agar Tidak Mudah Rusak

Bogordaily.net – Kabel charger yang selalu rusak diakibatkan oleh pemakaian yang tidak apik. Bisa juga karena kamu memakai kabel tersebut terlalu sering, namun tidak berhati-hati saat menggunakannya.

Kabel ini sebenarnya dapat bertahan lama jika kamu mengerti cara merawatnya. Jika kamu bingung bagaimana cara merawat kabel charger, nih caranya :

1. Jangan Terlalu Sering Menggulung Kabel

Saat kamu terlalu sering menggulung kabel charger, kabel tersebut menjadi mudah bengkok dan putus. Mengingat ukuran kabel yang sangat kecil, sebaiknya kabel tidaklah digulung terlalu sering.

Kamu dapat menaruh kabel di tempat yang luas seperti atas meja atau sofa. Jangan taruh kabel di tempat-tempat yang sempit seperti laci, tas, pouch dan sebagainya.

Saat membawa kabel charger keluar rumah, jangan digulung terlalu kecil. Kamu dapat menggulungnya sedikit saja agar kabel tidak mudah bengkok.

2. Jangan Terlalu Lama Menancapkan Adaptor pada Aliran Listrik

Saat selesai mengisi daya, seseorang cenderung malas untuk menarik adaptor yang tertancap pada stop kontak aliran listrik. Hal ini juga dapat memengaruhi kinerja charger kamu.

Meski tidak sedang mengisi daya, adaptor yang menancap pada stop kontak masih dapat menarik aliran listrik sedikit demi sedikit.

Kabel charger yang menancap bahkan bisa menyebabkan seseorang tersetrum. Selain itu, aliran listrik yang tertarik pada adaptor yang tidak sedang digunakan juga dapat membuat boros listrik.

3. Pakai Pelindung Kabel

Meski kabel charger sangatlah kecil, namun, ada lapisan-lapisan luar yang menjaga agar kabel tersebut dapat tetap kuat dan kokoh.

Saat ini, teknologi maju juga menyediakan sebuah alternatif agar kita dapat senantiasa melindung kabel charger kita, yakni dengan memanfaatkan pelindung kabel.

Pelindung kabel biasanya terbuat dari plastik elastis yang dapat melindungi tubuh kabel agar semakin kokoh.

Pelindung kabel ini dapat dijumpai di mana saja, mulai dari toko aksesoris hingga e-commerce. Harganya pun juga sangat terjangkau dan pilihan warnanya juga beragam.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here