Wednesday, 24 April 2024
HomeHiburanHarus Tahu, Ini Cara Jaga Wifi Rumah Aman dari Hacker

Harus Tahu, Ini Cara Jaga Wifi Rumah Aman dari Hacker

Bogordaily.netPassword ternyata bisa dicuri yang akhirnya merugikan pengguna. Padahal hanya diakses oleh orang rumah saja loh! Maka dari itu Kamu harus tau cara menjaga rumah agar selalu aman.

Untuk mengantisipasi masalah peretasan di rumah, Indihome memberikan lima tips berikut ini:

1. Ganti Password Secara Berkala

Sering ganti password memang terkesan ribet. Belum lagi Kamu harus memikirkan kombinasi password baru setiap pergantian. Tetapi, demi keamanan rumah, cara ini terbukti efektif.

Biasakan untuk buat jadwal pergantian password, misalnya seminggu atau sebulan satu kali sesuai kebutuhan Kamu. Supaya tidak lupa, Kamu bisa mencatat password baru setiap pergantian.

2. Buat Password Unik dan Efektif

Mengganti password secara rutin saja tidak cukup. Pastikan juga password yang dibuat merupakan kombinasi karakter yang unik. Hindari penggunaan setting dan password default atau bawaan router karena rentan diretas.

Password yang unik terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol dengan minimal 12 – 20 karakter.

Kamu juga perlu membatasi penggunaan rumah untuk orang rumah saja agar terhindar dari kebocoran password.

Jika ada orang luar yang mengakses di rumah, Kamu bisa menyiapkan guest network. Tujuannya agar mereka tidak mendapatkan akses password pada jaringan pribadi.

3. Aktifkan Enkripsi WPA2

Di jaman sekarang ini, sudah banyak tool peretas gratis yang beredar di . Tool tersebut dapat memantau dan mengganggu aktivitas online Kamu sekaligus membuat jaringan WiFi rumah melemah.

Untuk mengatasinya, Kamu perlu meningkatkan keamanan WiFi dengan mengaktifkan enkripsi di level paling kuat atau minimal WiFi Protected Access 2 (WPA2). Jika router WiFi belum memiliki versi WPA2, Kamu bisa melakukan upgrade untuk mengoptimalkan proteksi jaringan.

4. Ganti Nama SSID WiFi

Selain username dan password, provider layanan WiFi rumah juga biasanya menyiapkan nama SSID (Service Set Identifier) secara default.

Agar tingkat keamanan semakin optimal, Kamu juga perlu mengganti nama SSID tersebut.

Berbeda dengan password, Kamu boleh menggunakan nama SSID yang biasa saja agar tidak menantang untuk meretasnya. Bahkan Kamu pun bisa menyembunyikan nama SSID WiFi agar tidak terlihat oleh pihak yang tidak mendapatkan akses.

5. Matikan Router WiFi Saat Tidak di Rumah

Cara ini terbilang sederhana tapi sering luput untuk dilakukan. Jika tidak diperlukan atau sedang keluar rumah, sebaiknya router WiFi rumah berada dalam mode non-aktif. Cara sederhana ini dapat mencegah terjadinya peretasan atau kejahatan siber lain yang tak diinginkan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here