Thursday, 25 April 2024
HomeViralIbu Ini Jual Ginjal untuk Lunasi Utang Pinjol Anaknya

Ibu Ini Jual Ginjal untuk Lunasi Utang Pinjol Anaknya

Bogordaily.net – Ibu ini rela jual ginjal untuk lunasi utang pinjol anaknya. Dia nekad memasarkan ginjalnya itu secara terbuka di pinggir jalan.

Aksinya itu pun langsung viral. Sebab, ibu ini mendagangkannya ginjalnya lewat poster bertuliskan “Dijual Ginjal” yang dipasang di pinggir jalan

Aksi nekat seorang ibu tu terjadi di Tuban, Jawa Timur (Jatim). Peristiwa ibu berniat jual ginjal itu terungkap saat wanita itu digiring aparat Satpol PP. Kejadian tertekam video amatir dan akhirnya di media sosial.

Seperti yang dibagikan akun Instagram @jayalah.negriku, tampak sebuah poster bertuliskan “Dijual Ginjal” dan disertai nomor ponsel terpasang di pinggir jalan.

Dalam video itu, terlihat sejumlah Satpol PP akhirnya mengamankan wanita yang hendak menjual ginjalnya. Terlihat wanita yang dibawa Satpol PP itu sempat melipat poster bertuliskan “Dijual Ginjal” setelah ditertibkan petugas.

Berdasar narasi video itu, wanita itu disebut nekat mau menjual ginjalnya karena tidak tega anaknya terlilit utang pinjol. Disebutkan utang anak wanita itu mencapai Rp 200 juta.

Beredarnya video ibu yang nekat menjual ginjalnya karena untuk melunasi utang pinjol anaknya itu menjadi sorotan publik. Mencuatnya peristiwa itu, kebanyakan netizen justru geram dengan perbuatan anak dari wanita itu.

Bahkan, rata-rata netizen menyarankan agar seharusnya menjual ginjalnya itu adalah sang anak bukan ibunya. Komentar-komentar telak dari netizen pun membanjiri video itu, lantaran ulah anaknya yang membuat ibunya itu berniat menjual ginjalnya. Netizen lainnya pun mengajak untuk membuka donasi menanggapi kesulitan dari wanita itu.

“Saya paham perasaan ibu, tp sebaiknya ginjal anak ibu aja yg dijual bu,” tulis akun @ta******.

“Saranku,jual aja anaknya,” timpal akun @zi**** sembari memberikan emoji dua telapak tangan.

“Jangan jual ginjal Bu, anaknya aja jadiin tumbal pesugihan.. anak gk ada guna,” geram akun @th*******.

“Jual aja anaknya sekalian ibu.ibu sudah cukup mengandung, melahirkan dan mrmnesarkan.biarkan di tanggung jawab dg kehidupanya,” sahut akun @ri*******.

“Open donasi dong min,” kata akun @ba*******.

“Hebatnya seorang ibu, nyawa pun bakal diberikan buat anak-anak yang dicintainya . Tapi kalau bener anak utang karena judi, emang bener-bener anak laknat,” geram akun @ad******.

Ibu itu adalah bernama ER (59) warga Kelurahan Latsari, Tuban. ER yang sehari-hari mengaku berjualan gorengan itu mengungkapkan alasannya hendak menjual ginjal.

Yakni untuk melunasi utang salah satu anaknya yang terjerat pinjaman online (pinjol), utang KUR di sebuah bank dengan agunan BPKB senilai Rp 50 juta, serta utang lainnya di koperasi.

“Sebenarnya yang utang bukan saya, tapi anak saya. Kurang lebih hampir Rp 200 juta,” kata ER, Senin 21 November 2022 seperti diberitakan detikcom.

Menurut ER anaknya menggunakan uang itu untuk investasi. Tapi seluruh uang itu menguap tak berbekas karena investasi yang tadinya dikira menguntungkan ternyata bodong. “Anak saya itu utang buat investasi. Tapi ternyata Investasi bodong,” ujar ER. Ia juga menambahkan karena anaknya tidak mampu mencicil pinjaman itu akhirnya utang itu menumpuk beserta bunganya. “Sudah setahun lebih tidak membayar akhirnya menumpuk.”

ER yang sehari-hari berjualan gorengan mengaku kasihan dengan anaknya. Imbas utang yang menumpuk dan tunggakan yang menggunung itu anaknya harus kabur dari rumah.

“Pergi tidak tahu ke mana saat ini anak saya. Karena ditagih terus, sampai datang ke rumah. Angsuran tiap hari ada yang 800 ratus (ribu rupiah) sampai satu juta (rupiah) lebih,” imbuh ER.

Karena putus asa dan harus menanggung beban utang anaknya yang besar padahal penghasilannya menjual gorengan tak bisa untuk menutup semua utang itu, ER pun memutuskan untuk menjual ginjalnya.

“Saya tahu kalau itu dilarang oleh pemerintah maupun agama, tapi nggak ada solusi lainnya untuk melunasi utang kalau tidak begini,” ujar ER.

Masalah yang dihadapi ER itu didengar oleh dinas sosial setempat. Kini para petugas membawa perempuan itu ke kantor untuk berkonsultasi dan mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here