Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaJadi PM Malaysia, Anwar Ibrahim Bakal Pangkas Gaji Menteri

Jadi PM Malaysia, Anwar Ibrahim Bakal Pangkas Gaji Menteri

Bogordaily.net–  baru saja dilantik sebagai (PM) Malaysia. Ia menjadi ke-10 usai ditunjuk Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah. Baru menjabat, menolak gaji sebagai . Tak hanya itu ia juga akan  memangkas gaji para menteri kabinetnya.

“Ukuran kabinet pasti akan lebih kecil dan saya meminta menteri baru untuk menyetujui proposal saya untuk mengurangi gaji mereka,” ujar dilansir CNN Indonesia. dalam konferensi pers perdana usai dilantik menjadi PM baru Malaysia.

“Saya yakin para pegawai negeri sipil tahu tugas utama kita adalah meringankan beban rakyat,” sambungnya.

Ia pun mendorong agar seluruh instansi pemerintah segera mengambil langkah dan menggelar pertemuan paling lambat, Senin, 28 November 2022 mendatang.

“Masih dalam proses pembahasan dan persiapan,” kata Anwar seperti dikutip The Star.

Anwar menegaskan dia akan menepati janjinya saat kampanye bahwa tidak akan menerima satu sen pun gaji PM selama memimpin Negeri Jiran.

Pemimpin koalisi Pakatan Harapan (PH) itu akan fokus mengatasi peningkatan biaya hidup di antara masyarakat Malaysia.

“Saya telah memilih untuk menolak gaji (saya) sebagai ,” kata Anwar.

Pernyataan tersebut sesuai dengan janjinya selama kampanye. Selain melawan korupsi, salah satu janjinya saat kampanye adalah dia tidak akan mengambil satu sen pun gajinya sebagai perdana menteri jika berhasil memenangkan pemilu.

Sebelumnya diberitakan resmi dilantik menjadi perdana menteri Malaysia setelah dua dekade penantian pada Kamis, 24 November 2022.

Penunjukan Anwar sebagai PM juga tak lepas dari drama pemilu karena koalisinya, PH, dan pesaingnya Perikatan Nasional (PN) pimpinan Muhyiddin Yassin, tidak ada yang berhasil meraih ambang batas suara yang ditetapkan konstitusi untuk membentuk pemerintah baru.

PH memang meraih suara terbanyak dalam pemilu kemarin, yakni sebanyak 83. Namun, jumlah itu masih kurang dari minimal 112 suara dari total 222 kursi parlemen.

Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah kemudian menunjuk sebagai .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here