Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Kesehatan · 28 Nov 2022 19:57 WIB

Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat untuk Tubuh


 Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Alpukat untuk Tubuh Perbesar

IIMS

Bogordaily.net – Saat mengonsumsi buah alpukat jangan langsung di buang dulu bijinya. Walaupun banyak orang yang mengganggap bahwa bijinya tidak berguna. Tahukah kamu, bahwa ternyata biji buah alpukat memiliki banyak manfaat.

Meskipun informasi kandungan dari biji alpukat masih sedikit, namun biji alpukat mengandung serat makanan, asam lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan beberapa protein dalam jumlah kecil.

Biji alpukat juga menjadi sumber utama dari senyawa fitokimia yang terdapat pada tanaman, serta karbohidrat yang terdiri dari 75% zat tepung.

Berikut ini lima Manfaat dari Biji Buah Alpukat:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Sebuah studi yang dilakukan National University of Singapore menemukan bahwa biji alpukat mengandung antioksidan yang jauh lebih besar ketimbang biji buah lainnya, seperti mangga atau nangka.

Sekitar 70 persen kandungan antioksidan dalam alpukat dipercaya justru terkandung pada bijinya. Antioksidan pada biji alpukat ini tentu bisa menangkal radikal bebas, sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Biji alpukat ternyata banyak mengandung serat larut. Menurut seorang dokter peraih penghargaan dari PBB dan American Cancer Society, Tom Wu, serat larut bisa menjaga kesehatan jantung, karena membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Meredakan Peradangan

Di dalam biji alpukat terkandung senyawa antiinflamasi berupa prosianidin yang bisa sahabat Dream andalkan untuk meredakan gejala peradangan.

Kandungan inilah yang ampuh untuk mengurangi risiko peradangan secara kronis. Misalnya saja radang sendi, hipertensi, bahkan Alzheimer. Usahakan setiap kali mengonsumsi alpukat, janganlah membuang bijinya. Namun manfaatkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan menghindarkan diri dari penyakit-penyakit yang membahayakan.

4. Menghambat Infeksi Jamur

Manfaat biji alpukat lainnya adalah bisa menghambat infeksi jamur. Hal ini pun telah dilakukan penelitian bahwa ekstrak dari biji alpukat mampu menghambat perkembangan patogen seperti halnya jamur dan candida. Bahkan ekstrak dari biji alpukat juga bisa membantu mencegah dari demam kuning.

5. Cegah kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Namun penyakit ini masih bisa dicegah, yakni dengan mengonsumsi biji alpukat. Biji alpukat sendiri memiliki kandungan berupa avocation B yang ampuh dalam menghancurkan sel kanker Acute Myeloid Leukimia (AML).

Di mana AML ini adalah salah satu jenis kanker yang asalnya dari sumsum tulang yang berkembang dan menyebar ke aliran darah yang kemudian dinamakan leukimia.(*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Tak Hanya untuk Kecantikan, Ini Manfaat Pijat Wajah

29 January 2023 - 22:04 WIB

6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Kulit Kenceng

29 January 2023 - 21:11 WIB

manfaat mentimun

Awas, Kebiasaan Ini Dapat Menurunkan Daya Ingat

28 January 2023 - 18:55 WIB

turunkan daya ingat

RS Azra Edukasi, Bahas Hipertensi dan Diet Rendah Garam

27 January 2023 - 18:53 WIB

RS Azra Edukasi

4 Makanan Bisa Bantu Tingkatkan Berat Badan

27 January 2023 - 15:40 WIB

makanan berat badan

Berbahaya di The Last of Us, Ini Manfaat Jamur Cordyceps

26 January 2023 - 22:00 WIB

Jamur Cordyceps
Trending di Kesehatan