Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalJelang Perhelatan KTT G20, Polri Siapkan Aplikasi Pengenal Wajah

Jelang Perhelatan KTT G20, Polri Siapkan Aplikasi Pengenal Wajah

Bogordaily.net menyiapkan teknologi yang terdapat di Pusat Komando Polda Bali. Hal ini bagian dari pengamanan puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi G20 () di Nusa Dua, Badung, Bali, pada 15-16 November 2022.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan penggunaan teknologi pengenalan wajah untuk memantau pergerakan orang yang dicurigai atau orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) agar polisi bisa segera mengambil tindakan.

Face recognition merupakan teknologi yang bekerja secara bertahap mengidentifikasi seseorang dengan analisis akurat dan detail menggunakan teknologi pencitraan 2D atau 3D.

Melalui kamera, alat ini berfungsi mengambil beberapa data berupa bentuk wajah, mata, hidung, dan lain sebagainya untuk dikonversikan ke dalam data atau informasi digital dan nantinya bakal disesuaikan dengan data wajah lainnya yang ada dalam database.

“Command Center ini juga menggunakan face recognition sehingga jika ada satu DPO yang kita curigai di titik-titik yang sudah kita antisipasi, kita bisa mengambil langkah-langkah apa yang kita lakukan sesuai cara bertindak yang disiapkan,” kata Wakapolri saat meninjau Command Center Polda Bali, dikutip dari Voi Indonesia, Jumat, 4 November 2022.

Hari ini kepolisian juga masih melakukan latihan pra Operasi Puri Agung 2022 dalam rangka pengamanan pelaksanaan presidensi. Latihan hari kedua ini yakni menyimulasikan beberapa tempat yang memiliki potensi kerawanan.

juga menyiapkan latihan tactical floor game dan tactical digital game agar rencana pengamanan bisa berjalan lancar. Kepolisian juga tak melupakan perihal lalu lintas, salah satu caranya akan terus menyosialisasikan masyarakat agar tidak menimbulkan bila rombongan VVIP melintas.

“Ada edaran, akan kami sosialisasikan sehingga masyarakat bisa memahami ketika rombongan lewat. Ada alternatif jalan yang disiapkan sehingga tidak menimbulkan kemacetan,” sambung Gatot.

akan terus melakukan evaluasi terhadap latihan-latihan yang sedang berjalan dan akan memperbaiki kekurangan yang masih ada. Latihan tersebut masih terus dilakukan hingga Sabtu, 5 November 2022 sambil membenahi kekurangan sehingga pada hari puncak semuanya dapat berjalan dengan maksimal.

Selain itu, telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat puncak pada 15-16 November.

“Itu (rekayasa lalu lintas) sudah disiapkan oleh Opspam bersama jajaran lalu lintas. Bahkan juga ada surat edaran yang akan kita sosialisasikan secara terus menerus agar masyarakat bisa memahami ketika rombongan itu lewat di sana ada alternatif-alternatif jalan yang telah disediakan, pengalihan-pengalihan sehingga tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas,” katanya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here