Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalKisi-Kisi Tes Wawancara PPG Prajabatan 2022, Cek di Sini!

Kisi-Kisi Tes Wawancara PPG Prajabatan 2022, Cek di Sini!

Bogordaily.net – Kisi-kisi tes wawancara 2022 berikut ini bisa menjadi panduan untuk mempersiapkan diri dalam tes selanjutnya.

Bagi Anda yang sudah dinyatakan lulus, kini saatnya mempersiapkan diri untuk tes wawancara.

Berikut ini akan diulas mengenai kisi-kisi soal tes wawancara yang akan diujikan.

Merujuk jadwal yang sudah ditetapkan, tes wawancara akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 9-18 November 2022.

Kisi-Kisi tes wawancara 2022

Apabila anda diangkat menjadi Pegawai ASN PPPK, apakah anda bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, berikan alasan anda!

Jawaban : Saya bersedia ditempatkan di mana saja karena saya merasa menjadi bagian dari masyarakat indonesia. Saya tidak membeda bedakan tempat kerja, di manapun saya bekerja saya akan tetap profesional menjalankan tugas.

2. Apa motivasi anda mengikuti ?

Jawaban : Saya ingin mengembangkan kemampuan mengajar untuk menjadi guru profesional dalam mencetak SDM serta menjadi bagian dari kemajuan pendidikan Indonesia.

3. Apa pendapat anda tentang Guru Profesional ?

Jawaban : Guru profesional adalah guru yang memiliki empat kompetensi jabatan guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia,bertindak sesuai norma sosial & hukum, dll.

Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik. Kompetensi Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

4. Apakah pendapat anda tentang pengajar dan pendidik, apa perbedaannya?

Jawaban : Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar, namun seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan keduanya;mengajar dan mendidik.

Guru juga menjadi seorang pendidik, yang artinya menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang baik.

Menjadi guru sebagai pengajar artinya bertanggung jawab terhadap permasalahan akademis, melakukan suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan sesuatu

5. Apa pendapat anda tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan implementasi pekerjaan anda terhadap hal tersebut?

Jawaban : Pancasila adalah dasar negara indonesia artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang- undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Implementasi terhadap pekerjaan saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan saya sebagai pendidik dan pengajar sesuai dengan aturan yang berlaku yang dibuat oleh pemerintah. Saya juga akan ikut berperan menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai nilai pancasila untuk anak didik saya, mengajarkan mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai pancasila.

6. Apa pendapat Anda tentang lagu Indonesia Raya

Jawaban: Lagu Indonesia raya adalah lagu kebangsaan bagi negara indonesia. Lagu Indonesia Raya adalah gambaran perasaan nasional yang memiliki makna salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Lagu Indonesia adalah termasuk identitas nasional. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap lagu indonesia dan senantiasa menjiwai apa yang terkandung di dalamnya. Mencintai lagu Indonesia merupakan bagian dari cinta tanah air dan rasa nasionalisme kita.

7. Jelaskan apa pancasila menurut Anda ?

Jawaban : Pancasila merupakan ideologi negara indonesia : rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Pancasila adalah dasar negara indonesia : seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang- undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa indonesia bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila

8. Apabila anda menjadi guru profesional apakah anda bersedia ditempatkan di wilayah di seluruh wilayah Indonesia?

Jawaban : Saya bersedia ditempatkan dimana saja diseluruh indonesia karena bagi saya guru profesional adalah guru yang siap menjalankan tugas sebagai pengajar dan pendidik dimana saja, pada siapa saja untuk mencerdaskan generasi muda penerus bangsa.

9. Apa motivasi anda menjadi guru?

Jawaban : Menjadi guru bagi saya adalah kesempatan untuk mengabdi kepada negara dan mengabdi kepada masyarakat, ikut menjadi bagian dalam mencerdaskan masyarakat indonesia dan generasi muda penerus bangsa demi kemajuan bangsa.

10. Ceritakan tentang bidang studi yang Anda daftar?

Jawaban : Jawab seputar bidang studi yang Anda lamar dan ceritakan secara komplit tentang bidang studi tersebut.

Demikian ulasan mengenai kisi-kisi dan contoh tes wawancara yang bisa dijadikan referensi. ***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here