Monday, 29 April 2024
HomeNasionalKok Ada Angklung, Google Doodle Rayakan Hari Apa? 

Kok Ada Angklung, Google Doodle Rayakan Hari Apa? 

Bogordaily.net – Membuka laman pencarian Google hari ini, Rabu 16 November cukup unik, yakni dengan menampilkan alat musik . Lantas, kenapa Google memasang doodle hari ini?

Dari halaman Google dikutip bahwa alat musik yang terbuat dari bambu ini resmi dinyatakan UNESCO sebagai barang Warisan Dunia di tahun 2010.

Terlihat ada enam sosok kartun yang memegang kemudian menggetarkannya.

Alat musik masih sering digunakan untuk pertunjukan menyambut tamu terhormat di Istana Kepresidenan.

Berasal dari Jawa Barat, ditemukan sejak 400 tahun lalu. Penduduk desa memiliki kepercayaan jika suara bambu dapat menarik perhatian Déwi Sri yakni dewi padi dan kemakmuran.

Para perajin bambu di desa pun setiap tahun membuat dari bambu hitam. Saat panen mereka pun menggelar upacara dan memainkan angkling supaya hasul panen subur.

Lalu di musim panen, mereka mengadakan upacara dan memainkan dengan harapan Dewi Sri akan memberkati dengan panen yang subur.

biasanya terdiri dari dua tabung dan alas dan perajin ahli memotong bambu menjadi tabung dengan ukuran berbeda, yang menentukan nada .

Saat seorang pemain menggoyangkan atau mengetuk pangkal bambu dengan lembut, hingga instrumen tersebut menghasilkan satu nada.

Karena angklung hanya memainkan satu nada, pemain harus bekerja sama untuk menciptakan melodi dengan menggoyangkan angklung mereka pada nada yang berbeda.

Di Indonesia, angklung masih terus dipelihara agar terus lestari. Berbagai upaya dilakukan seperti membentuk komunitas angklung dan menggelar pertubjukkan angklung di berbagai acara.

Bukan hanya di Indonesia, seni angklung juga disukai di kancah mancanegara. Bahkan banyak seniman angklung yang diundang ke berbagai negara untuk menampilkan angklung.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here