Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingKoper Hilang di Bandara? Yuk Ikuti 7 Langkah Ini

Koper Hilang di Bandara? Yuk Ikuti 7 Langkah Ini

Bogordaily.net–  Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sempat mengalami insiden nyasar saat naik pesawat Batik Air belum lama ini. Nah, Anda mengalami hal sama atau hilang di bandara maka lakukan langkah.

Namun, proses pencarian yang hilang dan bagaimana Anda harus melakukan laporan mungkin berbeda pada tiap maskapai. Pastikan kembali kebijakan tiap maskapai yang Anda pilih. Sebagaimana dilansir Suara.com, berikut langkah yang harus dilakukan saat hilang di bandara:

Hubungi maskapai penerbangan

Saat menyadari Anda yang tidak ada di baggage claim, segera hubungi pihak maskapai. Setiap bandara memiliki perwakilan pihak maskapai yang dapat Anda hubungi jika ada kendala.

Lengkapi laporan bagasi yang hilang

Saat melaporkan kehilangan , Anda akan diminta untuk melengkapi laporan terkait. Jadi, pastikan Anda mengingat warna, model, hingga merk bagasi Anda. Akan lebih baik jika Anda juga memiliki foto Anda. Pihak maskapai akan melacak keberadaan berdasar ID penerbangan untuk mengonfirmasi kemungkinan lokasi Anda.

Minta pengiriman ke rumah atau hotel

Sebagai penumpang, Anda berhak meminta maskapai mengirimkan koper atau barang di bagasi Anda lainnya yang hilang ke rumah atau hotel tempat Anda menginap. Selain itu, pastikan lagi berapa lama proses yang dibutuhkan sampai koper kembali ke tangan Anda. Selama proses menunggu, Anda juga akan diberi kontak maskapai yang bakal mengirimkan update informasi koper Anda.

Minta kompensasi

Sejumlah maskapai pada umumnya akan memberikan ganti rugi apabila ada bagasi yang tertunda atau hilang. Melansir dari laman The Points Guy, koper yang rusak, dicuri, atau hilang selama penerbangan termasuk dalam situasi salah penanganan dan menjadi tanggung jawab maskapai.

Simpan semua tanda terima

Waktu proses pengembalian koper terkadang memakan waktu beberapa hari. Selama waktu tunggu itu, Anda akan mendapat penggantian biaya setidaknya selama lima hari. Oleh karena itu, pastikan semua pengeluaran yang Anda lakukan memiliki nota atau tanda terima.

Klaim asuransi

Beberapa asuransi perjalanan juga menerima aduan mengenai kehilangan koper selama perjalanan. Anda dapat memastikannya dengan mengecek kembali sejauh mana coverage asuransi perjalanan Anda.

Pastikan kembali koper yang diterima

Ketika koper sudah kembali ke tangan Anda, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara keseluruhan terlebih dahulu. Jika ditemukan adanya kerusakan atau barang hilang, maskapai wajib melakukan penggantian.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here