Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorKumpul 230 Kepala Sekolah SMPN dan SDN se-Kota Bogor, BAZNAS sosialisasi...

Kumpul 230 Kepala Sekolah SMPN dan SDN se-Kota Bogor, BAZNAS sosialisasi Gerakan Gemar Berinfak

Bogordaily.net – Pimpinan Kota Bogor terus melakukan strategi dalam penghimpunan dan pengumpulan zakat infak dan sedekah. Salah satunya dengan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dua hari Selasa dan Rabu, 15-16 November 2022.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Disdik Kota Bogor, Jalan Pajajaran. Kegiatan ini berkolaborasi antara Dinas Pendidikan Kota Bogor, dan Perumda Bank Pasar.

Dalam Kegiatan Pembukaan, hadir Komisioner Kota Bogor, Subhan Murtadla, Husen Asoleh, A Romdoni, dari Disdik Sekdis Dani Rahardian, Kabid Rudi, dari Perumda Bank Pasar, Dirut Ibrahim.

Menurut salah satu komisioner Kota Bogor, Bidang Penghimpunan, Pengumpulan dan Hubungan Antar Lembaga, Subhan Murtadla, disetiap sekolah kegiatan infak dan sedekah untuk para siswa sudah berjalan selama ini.

BAZNAS hadir untuk memberikan pemahaman kepada pihak sekolah, bahwa penghimpunan dan pengumpulan zakat infak dan sedekah harus memiliki payung hukumnya.

Dengan dibentuknya Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) disetiap sekolah,UPZ ini punya kewenangan dalam menghimpun dan mengumpulkan Zakat infak dan sedekah, serta pendayagunaan dan pendistribusiannya.

Hal ini sesuai dengan Kepres RI No 8 Tahun 2001, UU no 23 Tahun 2011, PP No 1 4 Tahun 2014, Inpres RI No 3 Tahun 2014, Permen Agama no 3 Tahun 2016, PERBAZNAS no 2 Tahun 2016 dan Perwali No 118 Tahun 2020.

“Membiasakan berinfaq dan bersedekah pada siswa siswi disekolah, menjadi bagian pendidikan sejak dini, kepedulian terhadap sesama bagi anak didik. Kegiatan ini harus menjadi disekolah sekolah, sehingga siswa siswi menjadi . Berinfak merjadi salah satu implementasi amal ibadah seseorang terhadap Allah SWT dalam kehidupan keseharian. Amalan infak terkandung nilai-nilai keikhlasan dalam berbuat baik dan beramal saleh” tandasnya.

Selain itu, infak dan sedekah juga bernilai sosial, tolong menolong dan rela berkorban. Budaya berinfak disekolah, tentunya selaras dengan kurikulum pendidikan karakter dimana kegemaran berinfak ini akan menanamkan nilai-nilai spiritual dalam diri siswa.

Oleh sebab itu berinfaq dan kegemaran berinfaq harus ditumbuhkembangkan pada diri siswa siswi disekolah. Subhan Murtadla menambahkan, dalam waktu dekat akan dilaksanakan launching BOGOR BERZAKAT.

“Insya Allah, kalau tidak ada kendala kegiatan Bogor Berzakat akan dihelat pada bulan Desember 2022. Dukungan Pemerintah daerah serta masyarakat kota Bogor, menjadi penting dalam mensuport Bogor Berzakat ini.
Semoga dengan langkah dan program BAZNAS Kota Bogor, akan memberikan kontribusi kepada masyarakat kota Bogor, dalam mengentaskan Persoalan2 yang dihadapi masyarakat yg tidak mampu, dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan lainnya, sehingga akan terbangun kepercayaan masyarakat, dengan kehadirannya BAZNAS ini,”tutupnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here