Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalLaporan dari Cianjur: Kondisi Terkini Kecamatan Cugenang Pasca Gempa

Laporan dari Cianjur: Kondisi Terkini Kecamatan Cugenang Pasca Gempa

Bogordaily.net– Sepekan lebih setelah di , Kabupaten Bogor, warga masih memadati tenda-tenda pengusian. Salah satunya di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Pantauan langsung wartawan Bogordaily.net Mutia Dheza Cantika di Cianjur, Rabu, 30 November 2022, sepanjang jalan di wilayah Cugenang memperlihatkan pemandangan yang mengharukan. Terlihat bangunan rumah sudah tidak kokoh akibat diguncang Senin, 21 November 2022 lalu.

Di Kampung Tanjakan, Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur tampak harta benda milik warga tertimbun reruntuhan puing-puing bangunan hingga rusak parah seperti kendaraan roda empat maupun roda dua.

Warga setempat juga masih mengungsi di posko bencana yang dibuatnya menggunakan terpal dengan beralaskan tikar. Tak hanya posko yang dibuat masyarakat setempat, tim relawan juga banyak membuat posko di lahan yang terbuka seperti sawah dan lapangan.

Kondisi bangunan pasca bumi di Cianjur. (Mutia/Bogordaily.net)

Di samping itu, ambulance masih lalu lalang sepanjang jalan mengantar pasien untuk diselamatkan. Banyak masyarakat yang tak segan untuk meminta bantuan di pinggir jalan agar diberikan pertolongan.

“Bantuanya pak. Sedekahnya untuk kami,” ucap seorang anak kecil membawa ember berwarna hijau sambil meminta bantuan.

Kecamatan Cigunang ini termasuk salah satu daerah paling parah terdampak di Cianjur tersebut.

Sebelumnya, informasi laporan BMKG pada pukul 07.53 WIB juga terjadi susulan dengan guncangan berkekuatan 3,5 Magnitudo (M). Pusat berada di darat lima kilometer barat daya Cianjur. berada di kedalaman 12 kilometer.

Sementara itu hingga Selasa, 29 November 2022 kemarin korban meninggal dunia tercatat mencapai 327 orang dan 13 lainnya masih hilang. Jumlah korban tewas bertambah setelah tim gabungan pencarian dan penyelamatan bumi Cianjur, Selasa, 29 November 2022 menemukan empat jenazah di lokasi pencarian. Korban hilang pasca bumi M5,6 di Kabupaten Cianjur bertambah sebab ada laporan baru orang hilang dari kepala desa sebanyak delapan orang. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here