Monday, February 6, 2023
HomeKesehatanLebih dari Sekadar Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Lebih dari Sekadar Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

IIMS

Bogordaily.net – Siapa yang tidak kenal lada hitam? Tidak hanya sebagai bumbu masakan, meskipun bentuk lada hitam sangatlah kecil tapi manfaat lada hitam untuk kesehatan jangan dipandang sebelah mata.

Selain kaya akan vitamin dan mineral, lada hitam bisa membawa efek positif terhadap sistem tubuh, merangsang indera perasa, dan meningkatkan metabolisme fisik serta psikologis.

Berikut adalah berbagai manfaat lada hitam untuk kesehatan:

1. Baik untuk pencernaan

Lada hitam mentah mengandung asam hidroklorat yang membantu pencernaan di lambung.

Asam hidroklorat tersebut dapat membantu membersihkan usus dan juga mengurangi risiko gangguan pencernaan lainnya. Jadi, tak ada salahnya lebih sering menambahkan sejumput lada hitam ke dalam makanan Anda.

2. Mencegah sembelit

Jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, itu tandanya kamu mengalami sembelit. Menambahkan lada hitam ke makanan setiap hari akan membantu mengatasi masalah ini.

Bahkan, jika dikonsumsi secara teratur, dapat membantu menurunkan risiko kanker usus, sembelit, mual, dan gangguan terkait bakteri tertentu lainnya.

3. Menurunkan berat badan

Berat Badan Lada hitam membantu menurunkan berat badan dan dapat dicampurkan dengan teh hijau dua hingga tiga kali sehari.

Sarat dengan fitonutrien yang berkontribusi pada pengurangan kelebihan lemak tubuh, bumbu yang luar biasa ini juga meningkatkan metabolisme.

4. Mencegah kanker

Ketika dikombinasikan dengan kunyit, rempah-rempah tersebut dipercaya dapat mencegah kanker. Dapat dikonsumsi sebagai susu yang dikombinasikan dengan kedua bahan tersebut.

Susu yang mengandung kunyit dan lada hitam biasanya diberikan kepada orang-orang yang sangat kedinginan untuk menghangatkan tubuh.

Lada hitam juga terdiri dari antioksidan, vitamin A dan karoten, yang semuanya membantu mencegah kanker dan penyakit mematikan lainnya.

5. Mengontrol kadar gula darah

Zat piperin dan antioksidan pada lada hitam juga disebut mampu meningkatkan kemampuan hormon insulin dalam mengontrol kadar gula di aliran darah. Manfaat ini baik untuk membantu para penderita penyakit diabetes tipe 2 menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

Selain itu, lada hitam juga diketahui bisa mencegah terjadinya resistensi insulin, yakni kondisi ketika sel-sel dan jaringan tubuh kesulitan menggunakan glukosa atau gula darah sebagai energi. Manfaat lada hitam tersebut membuat rempah ini baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor