Friday, 19 April 2024
HomeBeritaLebih dari Sekadar Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Lebih dari Sekadar Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Bogordaily.net – Siapa yang tidak kenal ? Tidak hanya sebagai bumbu masakan, meskipun bentuk sangatlah kecil tapi manfaat untuk kesehatan jangan dipandang sebelah mata.

Selain kaya akan vitamin dan mineral, bisa membawa efek positif terhadap sistem tubuh, merangsang indera perasa, dan meningkatkan metabolisme fisik serta psikologis.

Berikut adalah berbagai manfaat untuk kesehatan:

1. Baik untuk pencernaan

mentah mengandung asam hidroklorat yang membantu pencernaan di lambung.

Asam hidroklorat tersebut dapat membantu membersihkan usus dan juga mengurangi risiko gangguan pencernaan lainnya. Jadi, tak ada salahnya lebih sering menambahkan sejumput ke dalam makanan Anda.

2. Mencegah sembelit

Jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, itu tandanya kamu mengalami sembelit. Menambahkan ke makanan setiap hari akan membantu mengatasi masalah ini.

Bahkan, jika dikonsumsi secara teratur, dapat membantu menurunkan risiko kanker usus, sembelit, mual, dan gangguan terkait bakteri tertentu lainnya.

3. Menurunkan berat badan

Berat Badan membantu menurunkan berat badan dan dapat dicampurkan dengan teh hijau dua hingga tiga kali sehari.

Sarat dengan fitonutrien yang berkontribusi pada pengurangan kelebihan lemak tubuh, bumbu yang luar biasa ini juga meningkatkan metabolisme.

4. Mencegah kanker

Ketika dikombinasikan dengan kunyit, rempah-rempah tersebut dipercaya dapat mencegah kanker. Dapat dikonsumsi sebagai susu yang dikombinasikan dengan kedua bahan tersebut.

Susu yang mengandung kunyit dan biasanya diberikan kepada orang-orang yang sangat kedinginan untuk menghangatkan tubuh.

Lada hitam juga terdiri dari antioksidan, vitamin A dan karoten, yang semuanya membantu mencegah kanker dan penyakit mematikan lainnya.

5. Mengontrol kadar gula darah

Zat piperin dan antioksidan pada lada hitam juga disebut mampu meningkatkan kemampuan hormon insulin dalam mengontrol kadar gula di aliran darah. Manfaat ini baik untuk membantu para penderita penyakit diabetes tipe 2 menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

Selain itu, lada hitam juga diketahui bisa mencegah terjadinya resistensi insulin, yakni kondisi ketika sel-sel dan jaringan tubuh kesulitan menggunakan glukosa atau gula darah sebagai energi. Manfaat lada hitam tersebut membuat rempah ini baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here