Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaLiput Demo Anti Lockdown, Wartawan BBC Dianiaya Polisi China

Liput Demo Anti Lockdown, Wartawan BBC Dianiaya Polisi China

Bogordaily.net – Seorang media Inggris Edward Lawrence mengalami kejadian mengenaskan. Ia diserang oleh polisi elama meliput aksi anti di Shanghai, , Minggu, 27 November 2022.

Sebuah rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan Lawrence tergeletak di tanah dianiaya oleh sejumlah petugas.

Laporan menyebut Lawrence juga ditangkap dan dibawa oleh polisi . Sebuah klip video memperlihatkan ia dibawa pergi dengan borgol. Ia juga tampak meneriaki seseorang yang dikenal dan memintanya menelepon konsulat.

Setelah penangkapan Lawrence, mengeluarkan pernyataan yang menyatakan sangat prihatin dengan perlakuan oleh polisi.

“Dia ditahan selama beberapa jam sebelum dibebaskan. Saat ditangkap, dia dipukuli dan ditendang oleh polisi. Ini terjadi saat dia bekerja sebagai jurnalis terakreditasi,” kata seorang juru bicara penyiar , dikutip dari RMOL.

“Sangat mengkhawatirkan bahwa salah satu jurnalis kami diserang dengan cara ini saat menjalankan tugasnya,” tambahnya.

Sementara itu, pejabat berdalih penangkapan Lawrence dilakukan untuk kebaikannya demi terhindar dari virus corona di kerumunan.

Sebelumnya,  ketat atas kebijakan zero Covid-19 di membuat warga di Xinjiang dan Beijing murka. Protes terjadi di tengah melonjaknya kasus harian Covid-19, bahkan mencapai rekor baru.

“Akhiri lockdown!” diserukan oleh massa yang turun ke jalan-jalan di ibukota Xinjiang, Urumqi pada Jumat malam, 25 November 2022. Mereka mengacungkan tinju ke udara sebagai bagian dari aksi protes.

Video yang tersebar memperlihatkan massa berkumpul di alun-alun sambil menyanyikan lagu kebangsaan Tiongkok.

Dikutip dari RMOL, Reuters memverifikasi bahwa rekaman video itu diterbitkan dari Urumqi, di mana banyak dari 4 juta penduduknya berada di bawah lockdown. Warga dilarang meninggalkan rumah mereka selama 100 hari.

Kemarahan warga semakin menjadi setelah kebakaran besar di gedung bertingkat tinggi di Urumqi pada Kamis, 24 November 2022 yang menewaskan 10 orang. Banyaknya korban jiwa diyakini lantaran warga tidak dapat melarikan diri tepat waktu karena sebagian gedung memberlakukan lockdown.

Pada Sabtu dini hari, 26 November 2022, pejabat Urumqi menggelar konferensi pers dengan menyebut kebijakan-kebijakan mengatakan Covid-19 tidak menghambat upaya penyelamatan diri.

Dari laporan The Globe and Mail, aksi protes juga meletus di Beijing. Beberapa orang melakukan aksi protes skala kecil dan menuntut pejabat setempat untuk mengakhiri lockdown.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here