Saturday, 18 May 2024
HomeKabupaten BogorMacet, Bendera Gagal Berkibar saat Upacara Hari Pahlawan di Ciampea

Macet, Bendera Gagal Berkibar saat Upacara Hari Pahlawan di Ciampea

Bogordaily.net – Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 diwarnai pengibaran karen saat upacara digelar di lapangan Pasar Oray, Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea .

Sejumlah pasukan pengibar bendera merah putih dari salah satu sekolah di wilayah Ciampea tidak dapat menaikan bendera merah putih. Lantaran katrol pengerek bendera mengalami macet dan tidak dapat ditarik.

Akibat insiden tersebut seorang warga asal kampung Pasir Oray Desa Cinangka naik ke atas tiang bendera. Namun karena tiang bendera yang terbuat dari besi tak mampu menahan beban pria tersebut kembali turun. Dan petugas di lapangan yang terdiri dari pol PP, Babinsa dan Babinmas Kecamatan Ciampea pun lalu menurunkan tiang benderanya.

“Tadi pagi sekitar pukul sembilan, saat pasukan pengibar bendera paskibra dari salah satu sekolah di Ciampea hendak menaikan bendera, namun gagal karena talinya tidak bisa ditarik,” kata warga Desa Cinangka Juned kepada wartawan.

Sementara itu, menurut Camat Ciampea Yudi Santosa mengatakan mengenai insiden itu adalah suatu insiden yang biasa terjadi, dan hal ini juga merupakan sebuah wujud perjuangan kita dalam menaikan bendera merah putih, yang juga butuh perjuangan.

“Insiden ini kan biasa terjadi ya karena human error atau faktor alam, dan ini wujud bahwa masyarakat di Desa Cinangka butuh perjuangan dalam menaikan bendera kebangsaan ini,”katanya.

Yudi menambahkan, bahwa peringatan hari pahlawan ini juga karena wilayah pesisir desa-desa yang memang masih ada rasa nasionalisme, untuk mengikuti upacara bendera di wilayah pedesaan dengan mengikuti upacara masyarakat antusias dan menggunakan pakaian pahlawan.

“Masyarakat sangat antusias, ini sebagai bukti bahwa di desa yang terpencil seperti Cinangka ini masih banyak yang turut serta dalam melaksanakan pengobatan bendera. Bahkan ada yang menggunakan pakaian pahlawan, bendera pun akhirnya naik setelah tim dari TNI, Polri menaikan kembali tiang bendera yang sebelumnya turun guna memperbaiki katrol untuk menarik tali pada tiang bendera,” katanya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here