Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorMasih Tergiur Investasi Bodong, OJK Sebut Literasi Mahasiswa Masih Rendah

Masih Tergiur Investasi Bodong, OJK Sebut Literasi Mahasiswa Masih Rendah

Bogordaily.net – Ratusan Mahasiswa IPB University diberikan pencerahan jangan sampai tertipu , hingga ilegal oleh Otorisasi Jasa Keuangan (OJK), Bareskrim Polri hingga pihak Pinjaman Online () Legal.

Menurut Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongam Lumban Tobing, mengatakan insiden tersebut disebabkan literasi keuangan masih rendah.

Ia menyebut ke depannya, OJK akan bekerja sama dengan universitas-universitas di Indonesia untuk memberikan penyuluhan kepada mahasiswa baru, dimulai dari IPB.

“Kasus IPB ini jadi pengalaman buat kita, perlu literasi keuangan. Dari rektorat sudah menyampaikan pada penerimaan mahasiswa baru, itu kan ada sekitar 8.000 mahasiswa baru ya, itu akan diberikan kewaspadaan soal pinjaman online, kita harap bisa memberikan edukasi agar tidak tertipu oleh hal seperti ini,” kata Tongam di IPB Dramaga beberapa waktu lalu.

Selain itu, Tongam memastikan pihaknya akan menjembatani mahasiswa IPB yang menjadi korban investasi online. Ia akan berkoordinasi dengan empat platform pemberi pinjaman, yang terdiri dari tiga perusahaan pembiayaan, dan satu P2P directive untuk menyampaikan saran.

“Hal itu agar mahasiswa yang terjebak online bisa dibantu,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Kasubdit IKNB Bareskrim Polri, Kombes Pol Ma'mun mengatakan tentu saat ini harus mewaspadai investasi ilegal.

Ia mengatakan yang terjadi pada mahasiswa kemarin itu bukannya korban , tapi murni korban investasi.

“Di mana mahasiswa diperalat untuk meminjam modalnya dengan menggunakan ,” ungkapnya.

Bahkan ia melihat aksi itu merupakan modus baru, akan tetapi yang jelas mahasiswa dimanfaatkan oleh pelaku untuk meminjam modalnya dari .

“Mengenai syarat pelunasannya Itu kebijakan dari pihak pinjolnya karena pinjolnya itu sendiri kan legal,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah melakukan atensi ke Polres Bogor untuk penanganannya. Jadi Bareskrim mengirim tim di sana untuk membantu penanganannya.

“Hanya memang dilakukan penyelidikan sesuai dengan ketentuan saja. Yang jelas kita sering bersosialisasi ya. Kebetulan memang permintaan khusus dari IPB ini kita apresiasi betul, karena rupanya IPB sangat proaktif untuk melindungi mahasiswanya,” katanya.

Senada dikatakan Extra Affair Kredivo, Andi Gultom mengungkapkan pihaknya akan melakukan investigasi lebih lanjut. Tentunya baru akan ketahuan seperti apa bentuk relaksasi kepada mahasiswa yang tertipu itu dengan mengisi form barcode.

“Jadi kepada rekan mahasiswa agar mengisi data tersebut dan proaktif menghubungi aplikasi dalam hal ini call center Kredivo dan tentunya aplikasi harus diaktifkan,” kata Andi.

Namun untuk relaksasi banyak bentuknya dan luas, bisa cukup bayar pokok saja, bunga denda dihapus atau perpanjangan tenor jadi bentuk relaksasinya banyak pilihan.

“Dalam hal ini Kredivo sedang melakukan stop colection sampai data untuk dikirimkan dan investigasi lanjut, jadi memang sudah tidak lagi melakukan penagihan tapi menunggu hasil investigasi,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan kewajiban mahasiswa mengikuti proses relaksasi dan tetap harus bayar tapi ada beberapa pilihan yang disebut relaksasi.

“Perlu ditekankan proses pengambilan ini dan pinjaman semua sesuai prosedur jadi tidak ada kondisi yang dilanggar dari sisi perusahaan pembiayaan, jadi ini memang proses normal,” katanya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here