Thursday, 9 May 2024
HomeKabupaten BogorMelek Digital, Perumda Pasar Tohaga Terapkan Digitalisasi Pasar

Melek Digital, Perumda Pasar Tohaga Terapkan Digitalisasi Pasar

Bogordaily.net – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tohaga, Kabupaten Bogor mengimplementasikan kembali penerapan digitalisasi setelah sebelumnya meluncurkan e-KTB (elektronik Kartu Tanda Berdagang).

Direktur Utama Perumda Tohaga, Haris Setiawan dalam sambutannya mengatakan, bahwa digitalisasi merupakan salah satu program utama yang sedang dicanangkan Perumda Tohaga.

“Sekarang beberapa di Kabupaten Bogor sudah bisa menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),” kata Haris Setiawan saat memberikan penjelasan.

Saat ini, sudah ada delapan dari 30 yang ada di Kabupaten Bogor sedang dalam progres struktur digital. Diantaranya adalah Cibinong, Ciawi , Cariu, Cisarua, Cigombong ,Leuwiliang, Ciluar dan Ciseeng.

“Tentunya kami bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk mensukseskan program tersebut. Di Cibinong kami bekerjasama dengan Bank Mandiri, termasuk dalam supporting e-KTB,” jelas Dirut Tohaga.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa sudah saatnya tradisional melek digital. Program-program transformasi digital yang akan dikembangkan Tohaga diyakini akan membawa perubahan signifikan tentang image tradisional.

“Kita mulai dengan QRIS dan E-KTB semoga dukungan dari semua pihak guna terciptanya ekosistem digital di pasar. Support pemerintah daerah, BI, himbara, pedagang, masyarakat sangat kami butuhkan untuk mewujudkan Tohaga Go Digital,” pungkas Haris.

Disisi lain, Asisten Direktur Bank Indonesia, Yusi Yuliana menuturkan, bahwa digitalisasi di Indonesia ini merupakan keniscayaan yang harus diadaptasi di segala sektor.

Semua stakeholder digandeng untuk mensukseskan digitalisasi sesuai dengan amanat presiden dalam Kepres nomor 3 tahun 2021 tentang satuan tugas percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat utamanya pedagang pasar untuk siap QRIS guna meningkatkan daya saing pasar tradisional agar konsumen pasar rakyatpun dapat melakukan pembayaran secara non cash,” terangnya. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here