Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaMemasuki Bulan Imunisasi, Babinsa Kawal Layanan Kesehatan Anak

Memasuki Bulan Imunisasi, Babinsa Kawal Layanan Kesehatan Anak

Bogordaily.net – Memasuki Bulan Anak Nasional (), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Harjasari, Sertu I Gede Suarsana, gencar mengawal proses layanan kesehatan untuk anak atau balita, pada Senin, 14 November 2022, pukul 08.30 WIB.

Pelaksanaan tersebut dilangsungkan di Puskesmas Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Kegiatan itu juga dibarengi konsultasi kesehatan kepada ibu rumah tangga (IRT) yang sudah memiliki anak bayi.

“Kegiatan ini juga memberikan penjelasan pentingnya bagi anak balita, serta menjelaskan dampak apabila balita tidak divaksin dan . Untuk itu bagi ibu-ibu yang mempunyai balita harus mengikuti kegiatan ini,” kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Harjasari, Sertu I Gede Suarsana.

Ia menambahkan, tujuan untuk mencegah suatu penyakit atau mengurangi tingkat keparahannya. Selama bertahun-tahun, program ini berhasil mengatasi epidemi penyakit menular yang dulu umum terjadi, seperti campak, gondongan, dan batuk rejan. Penyakit lain yang juga berhasil diberantas dengan adalah polio dan cacar.

Kemudian, manfaat bagi bayi, membantu menciptakan sistem kekebalan agar tidak terserang penyakit yang tidak diinginkan dikemudian hari. Manfaat akan terasa saat virus penyebab penyakit menyerang. Dengan begitu, bisa mencegah gejala yang serius terjadi pada anak.

“Layanan kesehatan anak ini tentunya banyak manfaat bagi kesehatan, terutama mencegah penyebaran penyakit seperti campak, untuk itu program imunisasi semakin gencar dilakukan setiap tahunnya,” tutup Sertu I Gede Suarsana.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

Sumber: Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here