Sunday, 19 May 2024
HomeKota BogorMembangun Kekuatan Ekonomi, SI Kota Bogor Tanam Kopi Dilahan 50 Ha di...

Membangun Kekuatan Ekonomi, SI Kota Bogor Tanam Kopi Dilahan 50 Ha di Megamendung

Bogordaily.net – DPC SI Kota Bogor Launching Agroforestri , seluas 50 Ha, berlokasi di desa Megamendung Kabupaten Bogor.

Kegiatan launching bertempat di Cam Eagle Hill Megamendung.

Dalam acara launching tersebut, hadir dalam acara Sekjen Syarikat Islam, Ferry Juliantono, Presiden Akal Sehat Rocky Gerung, Jajaran Pengurus Dewan Cabang SI Kota Bogor, Ketua Dewan Cabang, Dedie A Rachim, Wakil Ketua Dewan, Muzzakir, sementara dari Pimpinan Cabang SI, Ketua Subhan Murtadla, Sekretaris Firdaus, Wakil Ketua, Candra Syah, Ruli Indrawan. Selain itu nampak hadir dari Perum Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan BUMDES Desa Megamendung.

Kegiatan Penanaman Pohon ini, SI bekerja sama dengan Perum Perhutani, sebagai Pelaksana Kegiatan Penanaman PT. Pakuan Mahakarya Abadi.

Sekjen DPP Syarikat Islam, sekaligus sebagai Komisaris PT. Pakuan Mahakarya Abadi, Fery Juliantono. Menurutnya Program ini sangat bagus, untuk pengembangan usaha mandiri dapat melibatkan masyarakat di lingkungan hutan, pemberdayaan masyarakat penting untuk ditumbuh kembangkan.

“Saya secara pribadi mendukung program penanaman yg dilakukan oleh SI Kota Bogor, saya akan mendedikasikan diri berkontribusi waktu, pikiran dan financial”. Ungkapnya.

Harapannya hasil produksi ini, dapat menembus pasar internasional “Kompetitor pasar dunia itu, adalah negara Amerika latin Honduras, jadi pasar dunia masih terbuka lebar bagi Indonesia” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Cabang SI Kota Bogor, Wakil Walikota Bogor, menekankan untuk menjalankan program ini, harus mengutamakan kepentingan masyarakat Bogor, dan juga harus tetap menjaga lingkungan.

“Menjaga lingkungan yang harus diutamakan, menjaga kearifan lokal serta penguatan ekonomi masyarakat sekitarnya,”pesannya.

“Selain penanaman , harus didesain juga konsep wisata agroforestri, sehingga masyarakat dapat menikmati keindahan alam,” Pungkasnya.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang SI Kota Bogor, Subhan Murtadla, Program penanaman ini, bagian dari program SI Kota Bogor, yang memfokuskan diri pada Ekonomi Kerakyatan. “Agroforestri ini dipilih, karena dapat menyerap tenaga kerja, melibatkan masyarakat, sehingga dapat membantu perekonomian mereka” jelasnya.

Sebagai pelaksana teknis dalam kegiatan perkebunan ini, dilaksanakan oleh PT. Pakuan Mahakarya Abadi (PT PMA). direktur utama PT PMA, Chandra Syah menjelaskan, kawasan Agroforestri Kopi ini dinamakan Lembah Mahakarya Abadi, karena kawasan ini ada dilemabah kawasan Megamendung.

“Kawasan ini, selain ditanami kopi juga akan dipadukan dengan konsep wisata alam”. Banyak tokoh-tokoh yang bergabung dalam program ini, menambah optimis dalam menjalankan program ini, berkolaborasi dan Bersinergi dalam menuangkan ide-ide serta gagasan,” ujarnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here