Thursday, 25 April 2024
HomeViralMengenal Coco, Anjing Pelacak yang Temukan 3 Korban Gempa Cianjur

Mengenal Coco, Anjing Pelacak yang Temukan 3 Korban Gempa Cianjur

Bogordaily.net – Petugas gabungan hingga tim sar masih berjibaku mengevakuasi para korban, usai sepekan bencana gempa bumi 5,6 SR mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, 21 November 2022 lalu. Salah satu penyelamat yang mencuri perhatian adalah seekor anjing bernama , yang telah menemukan dalam runtuhan bangunan.

Diketahui hingga saat ini tercatat ada 321 korban yang meninggal dunia.

Selain tim SAR, beberapa anjing pelacak juga dikerahkan untuk membantu mencari korban Cianjur yang masih hilang atau tertimbun reruntuhan, salah satunya adalah anjing pelacak bernama .

Kisah belakangan viral karena begitu berjasa membantu para relawan. Bahkan diketahui telah berhasil menemukan tiga korban yang tertimbun material bangunan.

merupakan anjing terlatih yang tergabung dalam SAR Dog Jawa Tengah. enam hari berada di lokasi gempa Cianjur untuk mencari korban hilang tertimbun.

Seperti yang dikutip dari akun bernama @WidyoLita atau Lita Widyo di Twitter, merupakan anjing jenis labrador jantan yang juga menjadi salah satu anggota SAR dog di wilayah Jawa Tengah.

diketahui turut terjun langsung ke wilayah terdampak gempa Cianjur bersama para relawan sebagai anjing pelacak untuk melakukan evakuasi pada korban yang belum ditemukan dan kemungkinan tertimpa reruntuhan bangunan.

SAR dog asal Jawa Tengah ini diketahui telah menemukan sebanyak tiga Cianjur yang tertimbun. Dalam foto yang diunggah oleh Lita, Coco terlihat sedang digendong oleh relawan saat menempuh medan yang berlumpur agar lebih efisien.

“Inget Coco? Di antara duka Cianjur, dpt info kalo Coco ikut terjun bantu relawan d sana. Anjing loyal itu sdh temukan 3 korban tertimbun. Dia digendong pasca bertugas utk efisiensi menempuh medan yg berlumpur. Smoga lbh byk lagi korban ktemu. Salut utk para relawan, jg Coco,” tulis cuitan tentang Coco pada akun @WidyoLita di Twitter yang dikutip VIVA pada Minggu, 27 November 2022.

Akun tersebut juga menyebutkan bahwa sebelumnya Coco juga juga pernah membantu proses evakuasi saat terjadi musibah besar tropical cyclone Seroja pada tahun 2021 lalu di Kupang dengan menjadi anjing pelacak. Pada saat itu, Coco juga ikut terjun langsung dan berhasil menemukan lima korban.

“Ini Coco, labrador jantan anggota SAR dog Jateng. Di musibah besar tropical cyclone Seroja tahun 2021, di Kupang ia ikut terjun & berhasil bantu temukan 5 korban. Love u, Coco (emoji hati),” tulisnya lagi di Twitter.(*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here