Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiMiniatur Pesawat Terbang Buatan Bogor Tembus Pasar Internasional

Miniatur Pesawat Terbang Buatan Bogor Tembus Pasar Internasional

Bogordaily.net–  yang sangat sering dijumpai di sejumlah toko salah satu tempat produksinya ternyata berada di Bogor. Tepatnya di Ozi Aircraft Modeling di Desa Cangkrang RT04/02, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, .

Produksi terbang ini sudah cukup lama berdiri yakni sejak tahun 1986 hingga saat ini masih terus memproduksi. Sebab setiap bulannya selalu ada pesanan dari beberapa maskapai nasional dan internasional. Pesanan miniatur sebagian besar untuk cendramata maskapai penerbangan.

diproduksi di Bogor.(Hadi/Bogordaily.net)

‘Sekitar tahun 1986 saya sudah membuat miniatur ini sampai sekarang. Dulu saya sendiri membuat replika pesawat dan sekarang memiliki karyawan untuk membantu pengerjaannya karena banyak pesanan dari dalam maupun luar negeri,” ujar Hartono Al Karim pemilik pabrikan miniatur kepada Bogordaily.net.

Pria asal Makassar yang akrab disapa Harto ini menjelaskan pesawat terbang di Desa Cangkrang disebut kapal sehingga akhirnya tercetus nama Harto Kapal.

Ia menjelaskan pembuatan miniatur berawal dari membuat adonan fiberglass yang diaduk bersama cairan resin. Kemudian setelah jadi adonan tinggal dituang ke dalam cetakan yang sudah tersedia yang menyerupai badan pesawat dan didiamkan beberapa jam. Setelah itu cetakan dibuka dan terbentuk sudah bagian dari badan pesawat yang tinggal dilakukan penghamplasan.

buatan Bogor.(Hadi/Bogordaily.net)

“Tahap selanjutnya miniatur yang sudah jadi siap pada tahap pengecatan dan finishing pengepakan setelah lulus QC,” jelasnya.

Ia menyebut miliknya terdapat berbagai jenis mulai dari boeing, airbus, helikopter, dan masih banyak lagi. Miniatur dijual dengan harga mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 2 juta bahkan ada yang puluhan juta tergantung ukuran pesanan dan tingkat kesulitan saat pembutan. (Hadi Mulya Kurniawan)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here