Friday, 26 April 2024
HomeNasionalMudah dan Cepat! Ini Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal...

Mudah dan Cepat! Ini Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal pada TV Digital

Bogordaily.net – Pergantian siaran TV analog ke TV digital ternyata menciptakan banyak kendala di kalangan masyarakat. Salah satunya, tidak adanya sinyal pada TV digital.
Namun, ada beberapa yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

Bagi masyarakat yang tadinya hanya menggunakan antena UHF/VHF dan masih TV analog maka saat ini wajib memiliki alat (STB) atau bisa menggunakan televisi yang sudah tertanam DVB-T2.

Antena yang dipakai juga harus memiliki kualitas yang sangat baik sehingga penerimaan sinyal TV Digital menjadi baik.

Bagaimana jika siaran TV Digital tidak terdeteksi dengan baik padahal sudah ada list channel siaran TV digital tersebut. Berikut mengatasi yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

1. Pastikan kabel antena terpasang dengan benar

mengatasi TV digital adalah dengan memastikan kabel antena telah terpasang dengan benar di port atau lubang colokan yang tersedia.

Selain itu, perlu pula dipastikan kabelnya tidak rusak dan port di TV tidak kotor.

2. Memakai Booster

Booster berfungsi untuk meningkatkan sinyal televisi yang dapat membantu menangkap siaran tv digital.

Penggunaan booster dapat dilakukan di daerah terjangkau tv digital yang susah sinyal atau minim sinyal.

3. Posisi Antena

Posisi antena juga memengaruhi kemampuan perangkat mendapatkan sinyal. Ini penting bagi yang tempat tinggalnya di tempat yang penih dnegan bangunan. Antena bergerak sedikit, maka akan mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima.

Selain itu antena bisa saling berebut sinyal dengan antena lain. Hal tersebut sama seperti smartphone yang digunakan pada area padat, jadi perlu beri jarak antara antena digital.

4. Masalah Kabel

Selain itu perhatikan sambungan kabel antar antena dan STV/TV digital. Apabila komponen jack atau colokan rusak karena kotor atau penyok dan tidak tersambung sempurna maka bisa membuat sinyal tidak bisa ditangkap dengan baik.

5. Setelan STB

Masalah juga bisa berasal dari setelan STB. Perlu diketahui perangkat STB punya setelan yang berbeda. Jadi ada baiknya sebelum menggunakannya baca manualnya lebih dulu memastikan pengaturan telah tepat. Jangan lupa juga hanya membeli STB yang resmi dan tersertifikasi dari Kominfo.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here