Saturday, 27 April 2024
HomeTravellingNaik Delman, Wisata Murah Meriah di Bogor: Cek Rute di Sini

Naik Delman, Wisata Murah Meriah di Bogor: Cek Rute di Sini

Bogordaily.net–  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, teman, hingga pasangan, salah satunya yaitu naik atau kereta kuda mengelilingi Alun-Alun hingga Balai .

Naik juga bisa membuat kamu sedikit bernostalgia, karena atau kereta kuda sangat eksis pada tahun 2000-an. Bahkan naik delman mengelilingi Balai sekaligus bisa membantu para joki atau penyedia jasa dari kereta kuda, untuk meraih pendapatan saat akhir pekan.

Untuk dapat menaiki delman tersebut, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu saja. Tentunya harga tersebut tidak membuat kantong kamu jebol, terlebih pengalaman baru mengelilingi Balai akan kamu dapatkan dengan cara berbeda.

Adapun rute yang dilalui delman tersebut mulai dari Alun-Alun , menuju Jalan Kapten Muslihat, terus melaju ke arah Jalan Ir. H. Juanda, melewati Balaikota Bogor, kemudian melaju ke arah Jalan Dewi Sartika, hingga balik ke titik awal yaitu Alun-Alun.

Naik delman menjadi salah satu wisata murah meriah di . (Irfan/Bogordaily.net)

Sepanjang perjalanan naik delman, kamu bisa melihat kawasan Istana Presiden dengan banyaknya hewan rusa, kemudian banyaknya angkot, lalu penjual jajanan tradisional seperti, getuk, es podeng, hingga tahu gejrot.

“Kalau rata-rata kecepatan mah kaya motor 20 kilo meter per jamnya. Kudanya juga udah kelatih bang, jadi gaperlu khawatir kabur pas naik,” kata Jay sapaan akrab pengemudi delman, kepada Bogordaily.net, Minggu, 20 November 2022.

Kuda atau delman yang biasa mangkal di Alun-Alun , kata Jay, biasanya berasal dari kawasan Cimanggu. Mereka mulai mangkal saat akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu, sejak pagi hari hingga menjelang sore hari.

Biasanya, ia mangkal bersama rekan-rekannya yang satu profesi, dari tiga sampai tujuh delman setiap akhir pekannya. Meski demikian, mereka tidak berebut untuk mendapatkan penumpangnya, karena semua pasti mendapat giliran.

“Kalau soal penumpang mah kan kaya mobil angkot ngetem gitu ya bang, jadi yang posisi pertama mangkalnya duluan dapet penumpang,” tutup Jay. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here