Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaNancy Pelosi Bakal Mundur sebagai Ketua DPR AS

Nancy Pelosi Bakal Mundur sebagai Ketua DPR AS

Bogordaily.net – Ketua DRP AS mengatakan akan mundur dan tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai pemimpin Partai Demokrat di DPR Amerika Serikat. Keputusan itu menyusul menangnya Partai Republik di Pemilihan DPR pada Kamis, 17 November 2022 waktu setempat.

Dalam pidatonya, Pelosi mengatakan tidak akan pensiun dari DPR. Dia mengatakan akan tetap berada di Kongres untuk mewakili San Fransisco di DPR, seperti yang telah dia lakukan selama 35 tahun terakhir.

Pelosi menyebutkan, DPR merupakan ruang suci dan jantung demokratasi bagi AS. Ia mengenang ketika Capitol untuk pertama kalinya sebagai seorang anak ketika ayahnya dilantik sebagai anggota DPR.

“Bagi saya, sudah tiba waktunya bagi generasi baru untuk memimpin kaukus Demokrat yang sangat saya hormati. Saya bersyukur banyak yang siap dan mau memikul tanggung jawab yang luar biasa ini,” kata perempuan yang menjabat sebagai pimpinan fraksi Partai Demokrat selama 20 tahun itu, dikutip dari Reuters, Jumat, 18 November 2022.

Dia menjadi pada periode 2007-2011 kemudian sejak 2019 hingga sekarang.

Pengumuman ini juga disampaikan sehari setelah Partai Republik memastikan mengambil alih kendali mayoritas di parlemen berdasarkan hasil pemilu sela.

Kepergian Pelosi yang berusia 82 tahun dari kepemimpinan partai menandai berakhirnya era di Washington dan terjadi setelah Partai Republik mengamankan mayoritas suara di DPR dengan seliih tipis dalam pemilihan paruh waktu pekan lalu.

Sementara itu rekan-rekan Pelosi langsung melakukan pertemuan guna membahas kemungkinan sosok pengganti pemimpin sementara Demokrat di parlemen.

Pilihan tampaknya akan jatuh kepada Hakeem Jeffries. Politisi Partai Demokrat di DPR akan melakukan pemungutan suara untuk mencari pemimpin baru pada 30 November.

Jika terpilih, Jeffries, seorang legislator dari daerah pemilihan New York, akan menjadi pria kulit hitam pertama yang memimpin salah satu kaukus partai besar di Kongres.

Di saat yang sama kubu Partai Republik bersiap menentukan pemimpin DPR AS yang akan mulai menjabat pada Januari 2023.

Sementara itu Presiden Joe Biden mengatakan Pelosi merupakan ketua DPR paling penting dalam sejarah AS.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here