Friday, 26 April 2024
HomePolitikPDIP Dorong Jokowi Jadi Sekjen PBB

PDIP Dorong Jokowi Jadi Sekjen PBB

Bogordaily.net  Presiden Joko Widodo atau sempat mengungkapkan rencananya jika tak lagi menjadi presiden pada 2024 mendatang. Usai pensiun, menyebut bahwa ingin kembali ke Solo dan menjadi rakyat biasa. Terkait hal itu, Ketua DPP Said Abdullah malah mendorong untuk masuk ke ranah internasional. Said menilai pantas untuk menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Karena legacy yang luar biasa, layak sekali bila Pak dijadikan Sekjen PBB, jika sudah pensiun sebagai presiden,” kata Said di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin, 14 November 2022 seperti yang dikutip Suara.com dari Wartaekonomi.

“Secara konstitusional, per 20 Oktober 2024, Pak akan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden dengan legacy yang luar biasa,” imbuhnya.

Selama menjadi presiden kata Said, telah meninggalkan warisan luar biasa terhadap ranah internasional. Said juga mengklaim sudah membangun relasi kuar internasional.

Contoh, menurut Said sudah turut serius dalam menghadapi perubahan iklim, salah satunya dengan cara pemakaian kendaraan listrik.

Sebelumnya diberitakan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinggal dua tahun lagi. Selepas tak menjadi presiden, Jokowi sudah punya rencana.

Presiden yang sudah dua periode menjabat ini mengungkapkan masa depannya dalam sebuah wawancara bersama The Economist yang ditayangkan di laman Youtube.

“Saya akan kembali ke kota saya Solo, sebagai rakyat biasa,” kata Jokowi kepada jurnalis  Zanny Minton Beddoes dilansir Suara.com, Senin, 14 November 2022.

Tak hanya sekadar rakyat biasa, Jokowi juga berencana menjadi aktivis lingkungan hidup ketika selesai masa jabatannya nanti.

“Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup,” sambungnya.

Sebagai presiden pertama Indonesia yang bukan berasal dari kalangan elit politik maupun militer, Jokowi juga sempat ditanya soal keyakinannya apakah beberapa kebijakannya akan berpengaruh besar ketika ia meninggalkan jabatan dua tahun nanti.

Sebagai seseorang yang dibesarkan di lingkungan pebisnis, ia berharap ada perubahan mindset dalam bernegara seusai dirinya menjabat.

“Kita berharap itu, ada perubahan mindset ada perubahan cara kerja baru sehingga betul-betul negara ini bisa melompat untuk maju ke depan. Karena saya meyakini dengan kekuatan Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, dan kekuatan pasar yang besar, kita akan bisa melompat ke negara maju,” jelas mantan Wali Kota Solo itu.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here