Monday, 6 May 2024
HomeNasionalPemerintah Luncurkan Bus Listrik Merah Putih, Transportasi KTT G20

Pemerintah Luncurkan Bus Listrik Merah Putih, Transportasi KTT G20

Bogordaily.net – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meluncurkan di Bali, Minggu, 13 November 2022.

, nantinya akan digunakan sebagai kendaraan operasional pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa bus tersebut merupakan hasil riset dari mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Diantaranya, Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, bersama dengan PT Industri Kereta Api (INKA).

“Bus listrik ini didesain oleh anak bangsa (Indonesia) dan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia,” kata Menteri Nadiem dalam keterangan tertulisnya.

Nadiem meyakini, presidensi G20 Indonesia menjadi momentum terbaik untuk menunjukkan keunggulan bangsa Indonesia dalam berbagai bidang.

“Termasuk salah satunya adalah bidang pendidikan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan menghasilkan karya yang membanggakan ini,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi menyampaikan rasa bangga dengan kehadiran bus listrik tersebut.

“Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sangat mendukung penuh pembuatan yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi,” kata Menhub.

Penyediaan kendaraan listrik pada G20, disampaikan Menhub merupakan bukti bahwa Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan transisi energi berkelanjutan yang merupakan salah satu isu prioritas dan hingga saat ini telah berjalan secara maksimal.

Selain itu, melalui Bus ini akan menumbuhkan industri, lapangan kerja, serta menumbuhkan kemandirian bangsa.

Sebanyak 30 unit Bus  akan digunakan selama pelaksanaan di Bali, dan estimasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dari bus listrik itu adalah 75 persen.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here