Friday, 19 April 2024
HomePolitikPemilu 2024: KPU Siapkan Rancangan Dapil Anggota DPRD

Pemilu 2024: KPU Siapkan Rancangan Dapil Anggota DPRD

Bogordaily.net – Dalam proses pemilihan legislatif 2024, Komisi Pemilihan Umum () Kota Kabupaten Bogor menyiapkan rancangan (Dapil) anggota (DPRD) yang akan berlangsung dalam .

Anggota Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Bogor Heri Setiawan menyebutkan, saat ini sudah ada tiga rancangan Dapil yang akan peta pemilihan anggota DPRD setempat.

Sehingga, nantinya akan menentukan besaran jumlah suara dan anggota DPRD yang mewakili Dapil tersebut.

“Nantinya akan ada sejumlah simulasi dengan masuknya beberapa Kecamatan dalam Dapil seperti di Dapil 2 3 dan 4 sehingga masyarakat mendapatkan kepastian saat memilih wakil rakyatnya dengan sejumlah pendekatan psikologis sosiologis dan sejarah,” kata Heri Setiawan.

Sementara itu, Ketua Kota Bogor, Samsudin mengungkapkan, Kota Bogor tidak ada penambahan jumlah kursi anggota DPRD untuk pemilu tahun 2024.

“Dari kota Bogor juga terdapat dua rancangan (Dapil) tersebut tentang Pemilihan Umum, PKPU nomor 6 tahun 2022 tentang Penataan (Dapil) dan SK RI nomor 457, tentang jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten atau Kota dalam Pemilu tahun 2024,” ujarnya.

Selanjutnya, setelah pengumumkan rancangan (Dapil), tahapan selanjutnya adalah masukan atau tanggapan dari masyarakat, serta uji publik.

Adapun masukan atau tanggapan dari masyarakat 23 November, hingga 6 Desember 2022, dan tahapan uji publik pada 7-16 Desember 2022. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here