Monday, 29 April 2024
HomeBeritaPiala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2

Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2

Bogordaily.net – Tim Nasional (Timnas) Selatan vs di Grup H Piala Dunia 2022 harus berakhir secara dramatis 2-3 di Stadion Education City, Senin, 28 November 2022.

Timnas Ghana memimpin 2-0 setelah habiskan 45 menit pertama. Dua gol awal mereka dilesakkan Mohammed Salisu pada menit ke-24 dan Mohammed Kudus (34′).

Pascajeda, timnas Selatan bangkit secara brilian melalui brace Cho Gue-sung dalam interval 3 menit saja.

Namun, lesakan kedua dari Mohammed Kudus menggaransi tripoin perdana bagi The Black Stars di Piala Dunia 2022 usai memulai turnamen dengan kekalahan 2-3 dari Portugal.

Jalannya Pertandingan Selatan vs Ghana

Timnas Ghana memimpin lebih dulu melalui tembakan ke gawang pertama dalam pertandingan ini.

Dikutip dari Bolasport, prosesnya berawal dari eksekusi tendangan bebas Jordan Ayew di sisi kanan pertahanan timnas Selatan.

Ayew melepaskan bola ke kotak penalti dan menciptakan kemelut di muka gawang. Bola sempat memantul kena tangan Andre Ayew, lalu disambar Mohammed Salisu dengan tembakan ke gawang.

Wasit sempat mengecek keabsahannya lewat VAR, tetapi handball terhadap Ayew tidak memengaruhi legalitas gol tersebut. Tak lama berselang, timnas Ghana mendapatkan gol kedua melalui tembakan keduanya di pertandingan.

Jordan Ayew kembali berandil besar dengan mengirim assist brilian untuk diteruskan Mohammed Kudus.

Dengan kepalanya, Kudus menyarangkan bola masuk ke jala timnas Selatan. Babak pertama ditutup dengan keunggulan timnas Ghana 2-0.

Statistik ketika turun minum menunjukkan timnas Selatan dominan dengan 59 persen penguasaan bola.

Namun, Son Heung-min dkk gagal mengonversi 6 tembakan menjadi peluang akurat, apalagi gol. Adapun timnas Ghana begitu efektif karena mendapatkan 2 golnya hanya dari 2 percobaan.

Memasuki babak kedua, timnas Selatan lebih intensif menekan musuh untuk mengatasi ketertinggalan.

Tanda kebangkitan sudah tampak ketika bola tandukan Cho Gue-sung diblok secara apik oleh kiper Ghana, Lawrenca Ati Zigi (53′).

Peluang on target pertama timnas Korsel di Piala Dunia 2022 tersebut pun memicu serangan yang berbuah hasil 5 menit kemudian. Sundulan Cho sembari menjatuhkan diri kali ini sukses menaklukkan Ati Zigi.

Prosesnya diawali kejelian Lee Kang-in, yang baru masuk semenit di lapangan, merebut bola dari Tariq Lamptey dan langsung mengirimkan crossing kepada Cho.

Cuma tiga menit berselang, kepala Cho Gue-sung lagi-lagi menghasilkan gol. Raja gol Liga Selatan 2022 ini berdiri paling tinggi saat menanduk masuk umpan Kim Jin-su dari sisi kiri.

Permainan makin memanas dan terjadi serangan silih berganti ke pertahanan kedua tim.

Hasilnya, timnas Ghana sukses memulihkan keunggulan melalui sambaran kaki kiri Mohammed Kudus di dalam kotak.

Mendekati waktu krusial, Korsel mendapatkan peluang apik saat tendangan bebas Lee Kang-in diblok keluar Ati Zigi. Tak ada gol tambahan tercipta kendati gelontoran peluang ekstra dialirkan kedua kubu hingga akhir 10 menit tambahan waktu.

Timnas Ghana sukses meraih kemenangan pertamanya di Piala Dunia 2022 untuk membuka kans lolos ke babak 16 besar.

Hasil Pertandingan

Selatan 2-3 Ghana (Cho Gue-sung 58′, 61′; Mohammed Salisu 24′, Mohammed Kudus 34′, 68′)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here